Media Islam dan Muslim Store No. 1 Balikpapan
Warta Dalam Kota

Pernikahan Diperkirakan Naik : Hingga September 1.040 Pasangan Menikah

MADINATULIMAN – Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Balikpapan Selatan, Murtafiin S,Ag memperkirakan angka pernikahan menjelang bulan haji (Dzulhijjah) akan mengalami kenaikan. Ia melihat, masih banyak masyarakat umum yang menilai bulan Dzulhijjah sebagai bulan baik untuk melangsungkan pernikahan. “Sebenarnya ada 4 bulan yang dimuliakan untuk waktu pernikahan, yakni Muharam, Syaban, Dzulkaidah dan Dzulhijjah,” kata Murtafiin S,Ag saat ditemui media ini, di ruang kerjanya, kemarin.
 

Masih kata dia, untuk angka pernikahan tahun ini hingga bulan September telah mencapai 1.040 pasangan. Atau sudah mendekat angka pernikahan tahun 2011 lalu sebanyak 1.429 pasangan nikah. “Sebenarnya, angka pernikahan tiap tahun mengalanmi kenaikannya, tetapi kenaikannya tidak terlalu signifikan,” tambahnya. Hingga saat ini, KUA telah menerima pendaftaran sebanyak 1.125 pasangan dari awal Januari hingga awal Oktober.
 
Khusus untuk pasangan yang hendak menikah, terutama janda cerat mati, sebaiknya memperhatikan massa idha (masa tunggu) yakni selama 130 hari baru dierbolehkan menikah lagi. “Kalau janda, untuk janda yang ditinggal karena cerai mati harus menunggu selama 130 hari.
 
Sedangkan, cerai hidup masa tunggunya selama 100 hari. Itu hukumnya wajib, jika dibawa waktu tersebut, KUA tidak akan melakukan pernikanan karena hukumnya haram,” lanjutnya. Untuk melayani permintaan pernikahan di Balikpapan Selatan, KUA memiliki 9 pembantu penghulu yang tersebar di 7 kelurahan.(bp-7/BALIKPAPANPOS)

Related posts

Ust. Sirajuddin Hasan: Ciri Radikalisme Mudah Mengafirkan

admin

Wali Kota Balikpapan Minta Dukungan Soal Penutupan Pelacuran di KM 17

admin

Sekolah Swasta Kekurangan Siswa, Kadisdik Balikpapan Menolak Disalahkan

admin

Kelurahan Karang Rejo Balikpapan Gelar Nada dan Dakwah

admin

Muhammadiyah Apresiasi Pemerintah Tetapkan 1 Ramadhan 1435 H

admin

Besaran Zakat Fitrah Di Balikpapan Adalah Rp. 25 Ribu dan Rp. 30 Ribu

admin
SILAHKAN BERTANYA
WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com