Media Islam Madinatul Iman Balikpapan
Santri Pondok Pesantren Modern Al-Muttaqien Balikpapan. (Foto: situs al-muttaqien)
Islam Balikpapan Pilihan Utama

Pesantren Al-Muttaqien Balikpapan Lepas 147 Santri MTs dan SMK Saat Haflah Akhirissanah

MADINATULIMAN.COM – Pondok Pesantren Modern Al-Muttaqien Balikpapan menggelar Haul ke-2 atas wafatnya Pendiri Pondok Pesantren Modern Al-Muttatqien KH. Mohammad Anas Mochtar yang dirangkai dengan Haflah Akhirissanah Tahun Pelajaran 2018/2019, Sabtu (4/5/2019).

Kegiatan Haul dan Haflah di pesantren yang terletak di kawasan Gunung Guntur Balikpapan Tengah itu diisi dengan khatmul Qur’an, lantunan shalawat Nabi, pembacaan Istighotsah, Yasinan dan Tahlil, yang dilanjutkan dengan prosesi pelepasan santri kelas 3 jenjang pendidikan MTs Al-Muttaqien dan SMK Nahdlatul Ulama Balikpapan.

Lantunan ayat suci Al-Qur’an yang dibawakan oleh salah seorang santri di pesantren tersebut turut menambah kekhidmatan acaranya. Sementara mauidlah hasanah dibawakan oleh Ketua PCNU Balikpapan KH. Muhammad Muhlasin.

Dalam mauidlahnya, Pengasuh Pondok Pesantren Al-‘Izzah Km. 15 Balikpapan Utara itu memaparkan bahwa dimasa kini, seseorang tidak cukup hanya menjadi pintar tetapi juga harus benar. Demikian juga, tidak cukup benar tetapi harus cerdas.

“Kita penting menjadi generasi yang pintar, tetapi pintar saja tidak cukup. Harus menjadi santri yang benar. Benar saja tidak cukup kalau tidak pintar. Pintar saja tidak cukup kalau tidak benar. Di pesantren para santri ditempa tidak hanya menjadi pintar, juga menjadi generasi-generasi yang benar.”, tuturnya.

Kiai Muhlasin juga berpesan agar para santri jangan pernah merasa sudah tidak santri lagi walaupun sudah alumni. Sebab -menurutnya-, title santri itu sampai akhir hayat, tidak pernah ada batasannya.

“Cuma bedanya, kalau alumni itu santri yang tinggal dirumah masing-masing. Tetapi hakikatnya, baik lahir maupun batin harus tetap memposisikan dirinya tetap menjadi santri, kalau ingin mendapatkan keberkahan dan manfaat dari ilmu yang kita peroleh dari pondok pesantren.”, jelasnya.

Hadir dalam acara tersebut Kepala Seksi Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Kementerian Agama Balikpapan Zubaidah S.Pd.I, Kepala KUA Kecamatan Balikpapan Tengah Murtafi’in, S. Ag yang juga Wakil Sekretaris Tanfidziyah NU Balikpapan, Pengawas Madrasah Aliyah Kemenag Kota Balikpapan, Nanik Mutiani, S.Pd, para tokoh masyarakat serta para wali santri.

Pondok Pesantren Modern Al-Muttaqien Balikpapan merupakan pesantren yang memadukan kurikulum pesantren dan pendidikan pemerintah, baik dinas pendidikan maupun kementerian agama.

Pendidikan formal yang berada dibawah Kementerian Agama adalah Raudlatul Athfal Al-Muttaqien, MI Al-Muttaqien dan MTs. Al-Muttaqien. Sedangkan pendikan formal yang berada dibawah dinas pendidikan adalah SMK Nahdlatul Ulama Balikpapan. Adapun pendidikan pesantren diwujudkan dengan adanya pengajaran kitab kuning dan Madrasah Diniyyah. []

Related posts

LFNU Balikpapan Prediksi 1 Syawal Jatuh pada Jum’at 15 Juni 2018

admin

Pembukaan MTQ Ke-43 Digelar di Halaman MUI Balikpapan

admin

Santri Ponpes Nurul Khaerat Balikpapan Juara Liga Santri Nasional 2018

admin

Warga NU Balikpapan Hadiri Maulid Nabi dan Harlah NU di Kantor PCNU

admin

Kajian Dakwah Center Nurul Hayat dan Santunan Anak Yatim

admin

Tarawih Pertama Ramadlan bersama Habib Nauval bin Mahmud Al Balghaets

admin
WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
WhatsApp BAGI INFO KE KAMI