Media Islam dan Muslim Store No. 1 Balikpapan
Islam Balikpapan Pesantren

Pesantren Asy Syifa Balikpapan Ibarat Oese, Utamakan Kepemimpinan

MADINATULIMAN.COMKehadiran Pondok Pesantren Modern Asy Syifa di Kota Balikpapan diibaratkan oase yang muncul di hamparan padang pasir. Lembaga pendidikan berbasiskan Islam dan nasional ini memberi warna sistem pendidikan di kota minyak. Satu di antaranya menelurkan bibit-bibit pemimpin ideal yang siap terjun di tengah masyarakat.

Senja sebentar lagi tiba. Menjelang waktu berbuka puasa, Tribun menyambangi kediaman Wakil Pimpinan Kampus I Ponpes Asy Syifa Ustaz Umar As Sidiq, sekitar 50 meter dari bangunan sekolah Ponpes Putri Asy Syifa.

Mengenakan kemeja batik motif bunga cengkeh, Ustadz Umar berkenan menemui Tribun dan menceritakan sejarah berdirinya Ponpes Asy Syifa.

"Pesantren ini berdiri sejak 1987. Dahulu kurikulumnya masih salafiyah, namun perkembangan zaman mengikuti kebutuhan umat, ponpes kami ubah menjadi modern, layaknya Ponpes Gontor," tuturnya di pelataran rumah yang asri itu.

Keunggulannya, setiap anak didik yang menimba ilmu di jenjang pendidikan Ponpes Asy Syifa ditajamkan karakter, terutama membentuk kepemimpinannya melalui media Pramuka dan pembelajaran bahasa asing.

Menurut Ustadz Umar, bagi calon santri baik pria maupun wanita yang mendaftar di Ponpes Asy Syifa dipersyaratkan harus siap mengikuti Pramuka yang diselenggarakan ponpes.

Saat diterima di Ponpes Asy Syifa tidak boleh menolak, apalagi beralasan malas ikut organisasi Pramuka. Kecuali jika ada halangan keterbatasan fisik tentu saja akan diberi keringanan.

"Santri yang punya riwayat penyakit dalam tidak dilibatkan kegiatan Pramuka yang mengeluarkan tenaga dan fisik. Kami alihkan kegiatan Pramuka yang sifatnya teori penanaman jiwa-jiwa kepemimpinan," ungkap Umar.

Melalui wadah Pramuka, para santri bisa berekspresi diri dan menyerap ilmu-limu kepemimpinan yang berbasiskan nilai-nilai keislaman dan nasionalisme Indonesia.

Melalui Pramuka, para santri akan ditumbuhkan jiwa kesederhanaan, kemandirian, keikhlasan, ukuwah Islamiyah, berbudi tinggi, berwawasan luas, berpikiran merdeka, kedisiplinan, dan berbadan sehat.

Satu contoh membentuk karakter seorang pemimpin di Ponpes Asy Syifa ialah memanfaatkan waktu secara tepat dan berdaya guna. Santri diwajibkan mematuhi aturan gaya hidup ponpes, mulai pagi hingga malam terkonsep dengan adab keislaman.

"Pagi shalat subuh, mengaji, lalu belajar pendidikan formal, setelah itu ikut kegiatan keislaman Ponpes Asy Syifa hingga sampai jam 10 malam sudah wajib tidur. Tengah malam tidak boleh ada yang berkeliaran di luar asrama," kata lulusan tarbiyah dari Sekolah Tinggi Ilmu Agama Islam Balikpapan ini.

Anak didik di ponpes digilir menjadi seorang pemimpin bagi kelompok belajarnya agar supaya bisa sama-sama merasakan bagaimana menjalankan amanah seorang pemimpin.

"Semacam ketua kelas. Yang mengurus absensi, memimpin doa, mengorganisasi santri hingga yang mengawasi dan mengayomi santri," tutur pria kelahiran 7 Agustus 1969 di Banualawas Kalimantan Selatan ini.

Upaya memaksimalkan bobot kepemimpinan, para santri dididik mahir berkomunikasi dengan bahasa Arab dan Inggris. Sebab, tegas Umar, seorang pemimpin itu mesti cerdas dalam berkomunikasi. Keberhasilan pemimpin satu di antaranya diukur dari komunikasinya yang bijak dengan siapa saja.

"Setiap santri yang mau pulang ke asrama diwajibkan menyetor hafalan pidato bahasa Arab dan Inggris. Supaya muncul rasa percaya diri dan menguasai komunikasi dengan baik," kata penyuka makanan Bingka ini. (*)

Source : Kaltim Tribun News, Jumat, 17 Juni 2016

FOTO: Santriwati mengantre di luar ruang kelas belajar untuk presentasi hafalan pidato keislaman berbahasa Arab dan Inggris di depan kakak kelasnya.

Related posts

Idul Adlha 1439 H Insyaallah 22 Agustus 2018, Data Hisab LFNU Balikpapan

admin

Santri Balikpapan : Tidak Ada Yang Merayakan Valentine’s Day

admin

SLB Tunas Bangsa Balikpapan Gelar Buka Puasa Bersama

admin

Polres Balikpapan Silaturahmi ke Ponpes Modern Al-Muttaqien

admin

Tabligh Akbar Tahun Baru di At-Taqwa Hadirkan KH. Cholil Nafis

admin

Lagu Ya Lal Wathan Menggema di Tabligh Akbar Ponpes Syaichona Cholil Balikpapan

admin
SILAHKAN BERTANYA
WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com