Media Islam Madinatul Iman Balikpapan
Islam Balikpapan

Pesantren Ramadhan SMPN 12 Balikpapan Kumpulkan Infaq Rp 20,5 Juta

MADINATULIMAN.COM – Untuk mengisi kegiataan di bulan Ramadhan tahun ini, SMPN 12 menyelenggarakan pesantren ramadhan yang dimulai pada tanggal 17 Juli – 19 Juli 2014. Pesantren Ramdhan yang mengambil tema: “Kita Jadilah Islam dan Al Qur’an sebagai Rahmatan Lil alamin” diikuti siswa kelas VII (17/7/2014), kelas VIII (18/7/2014), dan kelas IX (19/7/2014). Pada kegiatan ini panitia berhasil mengumpulkan infaq Rp 20,5 juta.

“Pesantren ramadhan ini merupakan kegiatan wajib bagi siswa beragama Islam.  Kegiatannya dimulai dengan salat Dhuha, doa, zikir, dilanjutkan dengan penyajian materi ceramah, dan diakhiri dengan tadarus Alquran serta salat Dhuhur berjamaah oleh seluruh peserta,” kata Ketua Panitia Pesantren Ramadhan Puji Astuti, S.Ag.

Dalam kegiatan pesantren ramadhan ini, menurut Puji Astuti, selain diisi pemateri oleh guru-guru SMPN 12 Balikpapan sendiri juga didatangkan penceramah dari luar antara lain,  H. Hasan Bisri, H Syarbini dan Andi Nurdin. Penceramah membawakan materi terkait  tauhid, amalan-amalan di bulan ramadhan. “Khusus untuk penceramah Pak Syarbini yang berasal dari kepolisian Polresta Balikpapan maka dalam materinya dikaitkan dengan bahaya kenakalan remaja, seperti kebut-kebutan, dan bahaya narkoba,” katanya.

Dalam pesantren ramadhan ini panitia berhasil mengumpulkan infaq sebesar Rp20.542.000,00 yang dikumpulkan dari para siswa secara sukarela, mulai dari Rp3 ribu hingga Rp30 ribu bahkan lebih. Infaq ini akan disalurkan kepada para siswa gakin dan siswa yang tidak mampu kendati tidak terdaftar sebagai gakin.

“Selain itu, sebagian juga dipergunakan untuk pembangunan mushala sekolah,” kata Puji Astuti.

Sementara itu, suasana pesantren ramadhan yang dipusatkan di mushala sekolah berlangsung tertip. Para siswa putra memenuhi lantai satu, sementara siswi putri berada di lantai dua. Tampak pula beberapa peserta putri terpaksa tidak masuk ke mushala karena sedang berhalangan (datang bulan).

pesantren-atas-3“Saya sedang berhalangan, jadi cukup mengikuti di teras mushala. Walau di luar mushala, saya berusaha mendengarkan materi yang dibawakan oleh penceramah, seperti tentang zakat dan menahan hawa nafsu,” kata Erika, salah satu murid kelas IX-4.

Sedangkan salah satu siswa putra mengaku kegiatan pesantren ramadhan di sekolah ini untuk belajar ilmu agama khususnya tentang puasa. “Bagi saya, kegiatan ini bisa menambah semangat dalam berpuasa”, ujar Vijaya murid kelas IX-5 SMPN 12.***

Penulis: Nasa’i dan Heldi
Foto: Panitia Pesantren Ramadhan SMPN12 Balikpapan.
Sumber : http://smpn12bpp.sch.id/?p=486
 

Related posts

Pengurus MUI Balikpapan dan Komisi-Komisi MUI Balikpapan

admin

Gebyar Syi’ar dan Do’a Bersama Sambut Tahun Baru Hijriyah di Masjid Al-Muthmainnah

admin

Musda MUI Kecamatan di Balikpapan Usung Tema Implementasi Islam Moderat

admin

Ketua DPRD Balikpapan Abdulloh S.Sos Pimpin DPC Syarikat Islam (SI) Balikpapan

admin

Santri Ponpes Al-Muttaqien Balikpapan Gelar Pawai Obor Muharram

admin

SDN 001 Balikpapan Selatan Peringati Tahun Baru Islam 1440 H

admin
WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com