Media Islam dan Muslim Store No. 1 Balikpapan
Warta Dalam Kota

PKK Balikpapan Terbaik Se-Kalimantan Timur

MADINATULIMAN – Beragam upaya dilakukan Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kota Balikpapan dalam menjalankan 10 program pokok PKK di masyarakat. Baik di level RT, kelurahan, kecamatan dan tingkat kota. Usaja itu akhirnya menuai hasil maksimal dan diganjar prestasi membanggakan. Itu terbukti saat event peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK Provinsi Kaltim ke-41 dan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) ke-10 tahun 2013 yang dipusatkan di Kota Bontang, 7-9 April.
 

Di ajang itu, PKK Balikpapan mampu menyapu bersih juara di semua kategori yang diperlombakan (selengkapnya lihat boks). "Alhamdulillah dari 12 kategori lomba, Balikpapan meraih penghargaan. Bahkan, meraih 5 penghargaan 5 juara pertama dan dinobatkan sebagai PKK terbaik di kategori tingkat kota se-Kaltim," kata Ketua TP-PKK Balikpapan Hj Arita Rizal Effendi di Gedung PKK, Jl Ruhui Rahayu, Kamis (11/4).

Sebagai ketua, prestasi di HKG dan BBGRM di Bontang sangat membanggakan baginya dan semua kadernya yang sudah berusaha maksimal menjalan 10 program PKK dengan baik demi mensejahteraan masyarakat Balikpapan di enam kecamatan. Dari hasil lomba yang dicapai, juara pertama Balikpapan di kategori lomba PKK KB-Kes tingkat kota, Balikpapan diwakili oleh kader Kelurahan Baru Ilir (Balbar).

Lomba PHBS oleh Kelurahan Margasari (Balbar), lomba penyuluh ketahanan bela negara (PKBN) oleh Kelurahan Prapatan, dan paduan suara yang merupakan gabungan dari beberapa PKK kelurahan di Balikpapan. "Yang penting dengan hasil ini, PKK hanya ingin membantu masyarakat sejahtera khususnya di lingkungan rumah tangga. PKK yang berperan sebagai mitra Pemkot juga bekerja keras bukan hanya meningkatkan kesejahteraan keluarga, tetapi juga mengembangkan potensi daerah, salah satunya di lomba APE (Alat Permainan Edukatif)," lanjut wanita kelahiran Jogjakarta, 15 Juni 1961.

Arita-wanita berjilbab ini akrabnya disapa menuturkan, di ajang HKG dan BBGRM juga menjadi kesempatan memamerkan kreativitas kader PKK dengan tampil di lomba operet atau PKK Idol. Di ajang ini, Balikpapan berhasil menghibur peserta dan paling mendapatkan aplaus. Sayang, juri lebih memilih tuan rumah Bontang yang meraih juara pertama, Ibu Semauna dkk pun harus puas dengan juara kedua.

Khusus Usaha Peningkatan Pendapatan Usaha Keluarga (UP2K), Arita lebih mengkedepankan bagaimana menciptakan dan meningkatkan pendapatan melalui industri rumah tangga. Terutama melalui potensi-potensi yang dimiliki masyarakat Balikpapan, diantaranya kerajinan batik khas Balikpapan dan bordir. Nantinya, PKK Balikpapan juga akan mewakil Kaltim di level nasional melalui taman Hatinya (Halaman Teduh, Indah, dan Nyaman) PKK.

Dengan taman hatinya PKK itu, sangat lengkap budidaya yang dilakukan masyarakat. BUdidaya menekan inflasi seperti lombok, budidaya ikan tawar jenis lele dan juga efektivitas pengelolaan sampah rumah tangganya. "Saat ini, taman Hatinya PKK yang masuk program Pokja III ada di RT 11, 23 dan 50 Manggar. Sudah ditinjau provinsi, tinggal menunggu penilaian langsung dari nasional,sekitar awal Mei bulan depan," pungkasnya.(rus/BALIKPAPANPOS)

Related posts

Proyek Jembatan Tol Teluk Balikpapan Telan Biaya 12 Triliun

admin

SMP Al Hasan Balikpapan Gelar Reuni dan Galang Dana

admin

Taman Kota Terpadu Tiga Generasi Seluas 1,5 Hektar Akan Dibangun di Balikpapan

admin

Embarkasi Haji Balikpapan hanya Sediakan 6 Asrama Penginapan

admin

Alhamdulillah, Pemkot Balikpapan Resmi Tutup Prostitusi di Km17

admin

Polres Balikpapan Amankan 2 Simpatisan ISIS

admin
SILAHKAN BERTANYA
WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com