Media Islam Madinatul Iman Balikpapan
Kiriman Pembaca

PM Palestina Sambut Baik Rombongan Umroh plus Gaza-Palestina 2013

Oleh : Abdillah Onim (Relawan Indonesia untuk Palestina yang menetap di Jalur Gaza. Info BB 25C63245.
Email: onim.gaza@gmail.com / dillah_onim@yahoo.com.

Gaza-Palestina, rombongan umroh plus Gaza yang berjumlah 22 orang tersebut selama 4 hari berada di Jalur Gaza tidak hanya berkunjung ke tempat-tempat bersejarah yang ada di Jalur Gaza akan tetapi juga mengunjungi keluarga fakir dan anak yatim serta memberikan bantuan secara langsung kerumah mereka yang berada di Gaza bagian utara yang padat akan penduduk baik di Beit lahiya maupun di Jabalia.
 

Para rombongan yang ditemani oleh relawan Indonesia Abdillah Onim yang menetap di Gaza menyalurkan bantuan kepada lebih dari 150 orang anak yatim dan janda Syuhada bekerja sama dengan lsm local yaitu Yayasan Salam yang menyantuni anak yatim serta fakir miskin dan para janda yang ada di Gaza utara serta dibeberapa wilayah lainnya.

Para rombongan juga Mengunjungi markaz tahfidz Qur’an yang dikoordinir oleh Daarul Qur’an wa Sunnah Gaza-Palestina dan melihat langsung bagaimana aktifitas anak-anak Gaza dan generasi muda Palestina di Gaza menghafal Qur’an di musim hafal Qur’an yang berlangsung selama 2 bulan.

Rombongan berada di Jalur Gaza selama empat hari tinggal dirumah yang disiapkan oleh seorang warga Gaza, di rumah warga tersebut para rombongan beristrahat selepas beraktifitas bahkan selama berada di Gaza mereka hidup dengan beradaptasi kehidupan warga Gaza seperti sering sekali mati listrik, berwudhu dengan air rasa garam, makanan yang mereka konsumsipun persis dengan makanan keluarga fakir dan yatim.

Haru menyelimuti disaat para rombongan berkunjung sekalgus memberikan bantuan langsung tunai kepada keluarga fakir miskin yang tinggal diruangan yang tak layak ditempati, ruangan yang tak layak didiami tersebut terdapat 20 orang anak, beratap seng sebagian sudah rusak, ber wc tapi tanpa pembuangan air, dapar dan wc jadi satu, rumah mereka berada didataran rendah jika hujan maka ruangan tersebut terendam air dan tidak ada saluran pembuangan air kotor.

Disaat rombongan tiba dirumah tersebut, ketua rombongan menyampaikan kepada para rombongan :  kita hidup diwilayah aman dan damai serta tentram, saat ini kalian berada di tengah-tengah saudara seiman dan se aqidah kalian yang hidupnya seperti yang kalian saksikan sekarang, walau kondisi mereka seperti ini tapi semangat mereka untuk berjuang dan mencintai alqur’an sangat tinggi.

Bertepatan dengan hari Jumat, Para rombongan berkesempatan sholat jumat berjamaah dan yang menjadi khorbah jumat dan imam sholat jumat adalah Perdana Mentri Palestina Ust.Ismail Haniyah Abdussalam.

Para rombongan Diberi kesempatan berdialog dan memberikan sambutan kepada lebih dari 500 jamaah sholat Jumat di Jabalia City, dan yang memberikan kata sambutan adalah amir rombongan ust. Usman.

Ismail Haniya menyampaikan kepada warga Gaza jamaah sholat jumat bahwa mereka ini adalah saudara seiman dan seakidah kita, mereka dating dari wilayah yang sangat jauh, mereka pergi meninggalkan keluarga dan anak mereka bahkan mereka dating ke Gaza dengan membawa anak istri mereka, ini tidak lain dan tidak bukan nikmat dan karunia dari ukhuwan dan kedatangan mereka disini masjid Alaqsa yang memanggil mereka, mereka sangat tahu bahwa membebaskan masjid alaqsa adalah kewajiban bagi seluruh umat islam di belahan dunia, kata PM..sekali lagi selama dating wahai muslim Indonesia selamat datang di tanah kalian, kalian bukan tamu akan tetapi kalian juga memiliki hak untuk tanah Palestina dan Masjid Alaqsa..selama dating di tanah yang diberkahi, ditanah syuhada ditanah para anbiya dilahirkan.

Para rombongan menghadiri undangan peletakan batu pertama masjid yang dibangun oleh rakyat Alzajair bahkan rombongan mnjalin ukhuwah dengan rakyat Alzajair.

Efek dari Umroh plus Gaza-Palestina, banyak dari rakyat Indonesia yang antusias bahkan berminat untuk menjalankan umroh plus Gaza-Palestina, harus melalui prosedur yang sudah ditetapkan baik dari pemerintah Mesir maupun pemerintah Gaza-Palestina.

Dari hasil obrolan dan e aluasi dengan para jamaah umroh plus Gaza, bagaimana tanggapan mereka dengan perdana umroh plus Gaza ? kata yang mereka lontarkan adalah salut dengan ide umroh plus Gaza, kami sangat bersykur karena diberi kesempatan seperti ini, ini adalah pengalaman yang sangat-sangat luar biasa, banyak pelajaran dan khibroh yang kami dapatkan selama berada di Gaza dimana kami dapat bertatap muka, berdialog dan meresakan bagaimana kehidupan yang dirasakan oleh warga Gaza, dan yang paling beruntung kami dapat berada di bumi Syam dimana kiblat pertama bagi umat Islam.

Setelah berada di Gaza selama 4 hari Alhamdulillah semuanya lancar dan kembali keluar menuju kairo dengan Dikawal oleh pihak keamanan Mesir selama perjalanan kembali dan melanjutkan tour Kairo-Mesir yang dikoordinir oleh Safari Travel, ibarat orang penting ya tentu yang mereka lakukan demi keselamatan rombongan.

Perjalanan umroh plus Gaza ini bukan ladang berbisnis atau mencari keuntungan akan tetapi kami ingin agar umat Islam di Indonesia yang ingin melaksankan umroh tidak hanya di negara lain, ke Jalur Gaza pun dipersilahkan tentunya mengikuti prosedur dan aturan, dan kami ingin agar umat islam yang pergi ke Gaza benar-benar mengetahui dan merasakan bagaimana penderitaan saudaranya di Gaza, maka dari itu kami selaku tuan rumah lebih memilih agar para rombongan selama berada di Gaza berbaur dengan warga Gaza dan tidak menginap di hotel akan tetapi menginap dirumah warga Gaza, tegas Abdillah Onim. []
 

Related posts

Oleh-Oleh dari Tanah Suci

admin

Wasiat Allah SWT Tentang Taqwa

admin

Ada yang Salah Dalam Bacaan Qur’an-ku

admin

Rebana dan Bersyair

admin

Para Ulama Dari Zaman Ke Zaman Tentang Maulid Nabi Muhammad

admin

Ikhlas Dan Dimensinya Dalam Kehidupan

admin
WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
WhatsApp Share info ke kami