Media Islam Madinatul Iman Balikpapan
Islam Balikpapan

Prapatan Balikpapan Terpilih Jadi Tuan Rumah Musabaqah Tilawatil Qur’an

MADINATULIMAN – Camat Balikpapan Kota Dzonaziansyah MSi mengatakan Kelurahan Prapatan terpilih sebagai tuan rumah pelaksanaan lomba Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) tingkat kecamatan tahun 2013. Sebagai peserta adalah semua kelurahan yang berada di Kecamatan Balikpapan Kota, yakni Prapatan (tuan rumah), Telagasari, Klandasan Ulu, Klandasan Ilir dan Damai. “Prapatan menjadi tuan rumah pertama. Kerena setiap tahun digelar, tuan rumahnya akan bergilir.
 

Untuk pelaksanaan lomba akan dilangsungkan Maret mendatang,” kata Dzonaziansyah saat menjawab Balikpapan Pos di ruang kerjanya, Kamis (17/1). Untuk pelaksanaan nantinya, Kelurahan yang dipimpin HM Slamet Djunaedi MSI ini tak bekerja sendiri. Prapatan akan dibantu empat kelurahan lainnya yang masuk wilayah Balikpapan Kota. Sehingga pelaksanaannya bisa secara maksimal.

Sekaligus, Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) juga hadir dalam pelaksanaanya. “Kantor Urusan Agama (KUA) akan menjadi pionir pelaksanaan MTQ sebagai Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ, Red) ,” jelas Dzona. Untuk mematangkan persiapan, saat ini Kecamatan Balikpapan Kota sedang membentuk panitia, yang terdiri dari lima kelurahan di Balikpapan Kota. “MTQ ini tingkat kecamatan yang nantinya pemenang akan mewakili kecamatan di tingkat kota.

Di MTQ tingkat kecamatan akan dipilih 3 kelurahan terbaik,” bebernya. Menurut Camat, MTQ memiliki peran penting dalam memajukan generasi muda yang mencintai Alquran. Karena membaca alquran, kata Dzona bisa mengendalikan tingkat kecerdasan emosional atau mengaktifkan otak kanan, serta bimbingan rohani lebih terpelihara.

“Kita saat ini dalam membimbing anak, tidak bisa dengan menggunakan otak kiri terus, dan tentunya peran otak kanan yang juga harus dikembangkan, sehingga tumbuh kembangnya anak bisa lebih baik,” seru Camat yang dilantik 26 Oktober lalu itu.

Lanjutnya, MTQ ini merupakan kegiatan yang bermanfaat, bisa menghindari anak dalam pergaulan bebas dan juga bisa menghindarkan anak terjerat nakroba, karena dalam membaca alquran merupakan kewajiban bagi umat islam. “Ini baik anak-anak banyak membaca alquran dan memahaminya, bisa jadi lebih berkah hidupnya,” pungkas pria yang sebelumnya menjabat sebagai Sekcam Balikpapan Timur ini.(bp-8/BALIKPAPANPOS)

Related posts

Berlangsung Haul Habib Munzir Al-Musawa dan Milad MR ke-1 di Islamic Center

admin

Ponpes Subulus Salam Balikpapan Mencetak “Khalifah”

admin

Peringatan Maulid At-Taqwa bersama Habib Muhammad Assegaf dan Habib Hamid Al Qadri

admin

Info Lokasi Shalat Idul Fitri 1439 Muhammadiyah Balikpapan

admin

Jama’ah Haji Kloter Pertama Tiba Di Balikpapan

admin

MUI Balikpapan Gelar Workshop IT Bagi Juru Dakwah di Hotel Maxone

admin
WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
WhatsApp BAGI INFO KE KAMI