Media Islam Madinatul Iman Balikpapan
Warta Dalam Kota

Proyek Jembatan Tol Teluk Balikpapan Telan Biaya 12 Triliun

MADINATULIMAN.COM, PENAJAMCita-cita besar Bupati Penajam Paser Utara (PPU) Yusran Aspar, yakni membangun Jembatan Tol Teluk Balikpapan, segera menjadi kenyataan. Setelah melalui proses dan perjuangan panjang, pembangunan jembatan penghubung Balikpapan-PPU yang kini berganti nama Jembatan Tol Teluk Balikpapan itu pun di-launching Gubernur Kaltim H Awang Faroek Ishak, Minggu (13/5/2018) lalu. Launching ditandai dengan acara jalan sehat berhadiah di halaman Kantor Bupati PPU.

 
 “Alhamdulillah, seluruh persyaratan yang dibutuhkan untuk pembangunan Jembatan Tol Teluk Balikpapan ini sudah terpenuhi. Sehingga pelaksanaan pembangunan jembatan yang akan menjadi ikon Kalimantan ini dapat dimulai,” kata Yusran Aspar.
 
Dimulainya pembangunan Jembatan Tol Teluk Balikpapan sekaligus pembuktian kepada masyarakat luas, bahwa cita-cita Bupati Yusran untuk membangun jembatan yang diperkirakan terpanjang di Indonesia bukan lagi sebuah mimpi.
 
Di Indonesia, baru ada dua jembatan besar yang diperkirakan hampir sama dengan rencana Jembatan Tol Teluk Balikpapan. Yakni, Jembatan Suramadu di Surabaya dan Jembatan Barelang di Kepulauan Batam.
 
Namun, keduanya merupakan gagasan pemerintah pusat yang murni dibiayai APBN. Sebaliknya, Jembatan Tol Teluk Balikpapan sejauh ini digagas oleh bupati dan wakilnya.
 
“Megaproyek sepanjang 6,5 kilometer yang diperkirakan menelan anggaran Rp 12 triliun ini tidak menggunakan dana APBN. Tetapi murni dibangun menggunakan anggaran swasta yang dikerjakan melalui konsorsium antara PT Waskita Karya, Pemprov Kaltim, Pemkab PPU, dan Pemkot Balikpapan,” jelas Yusran.
 
Dikisahkan, pembangunan jembatan yang akan melalui Nipahnipah-Melawai itu, digagas Yusran sejak menjabat sebagai bupati PPU periode pertama, yakni 2003-2008 lalu.
 
Saat itu, tidak banyak pihak yang merespons gagasan mantan anggota DPR tersebut. Termasuk pemerintah pusat, bahkan Pemprov Kaltim.
 
Namun, Gubernur Kaltim Awang Faroek akhirnya memberikan dukungan penuh terhadap rencana pembangunan ini. Awang terus memperjuangkannya dengan cara melakukan lobi ke Presiden Joko Widodo. (*/pam/k1/balikapan.prokal)

Related posts

Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi RI ke Universitas Balikpapan

admin

Alhamdulillah, Pemkot Balikpapan Resmi Tutup Prostitusi di Km17

admin

Besaran Zakat Fitrah Di Balikpapan Adalah Rp. 25 Ribu dan Rp. 30 Ribu

admin

Balikpapan Kirim 8 Atlet Asian Games 2018 dan 4 Atlet Para Asian Games 2018

admin

Sekolah Swasta Balikpapan Rugi Rp 49 Miliar Akibat Pelanggaran PPDB

admin

Rhoma Irama dan Elvie Sukaesih Hibur Warga Balikpapan

admin
WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
WhatsApp Share info ke kami