Media Islam dan Muslim Store No. 1 Balikpapan
Berita Nusantara

Rakernas PERTI, JK Sampaikan Pentingnya Ormas Islam Dalam Pembangunan

MADINATULIMAN.COM – Dalam Rapat Kerja Nasional  Persatuan Tarbiyah Islamiyah (Rakernas PERTI) yang digelar di hotel Swissbell, Teluk Betung Utara, Provinsi Lampung, Sabtu (28/7/2018),  Wakil Presiden Jusuf Kalla menyampaikan bahwa lembaga Keagamaan dan Ormas-ormas Islam merupakan elemen penting dalam melaksanakan pembangunan dan kemakmuran bangsa. Lembaga-embaga keagamaan Islam telah berdiri mengawal bangsa ini sejak kelahirannya. Peran tersebut dilakukan oleh Ormas-ormas Islam, baik yang berskala nasional maupun daerah.

Dikatakan JK, demikian Wakil Presiden akrab disapa, pendidikan dan kemajuan ekonomi umat merupakan bagian penting yang harus menjadi perhatian Ormas Islam. “Tidak mungkin kita mengeluarkan zakat yang banyak kalau kemampuan (ekonomi) kita kurang, demikian pula haji, tidak bisa seseorang melaksanakan ibadah haji jika tidak berkemampuan, salah satunya (kemampuan) ekonomi,” ujarnya.

Hal tersebut, imbuh JK, merupakan tantangan bagi Ormas-ormas Islam, agar warga Muslim di tanah air dapat menyempurnakan Rukun Islam. “Berbeda dengan Syahadat, Salat, dan Puasa, ibadah Zakat dan Haji mengharuskan kita memiliki kemampuan ekonomi,” katanya.

Oleh karena itu, JK berharap kepada lembaga keagamaan Islam, gerakan-gerakan pendidikan umat Islam, gerakan politik umat Islam, untuk mengacu pada kemajuan pendidikan dan ekonomi dalam upaya membangun bangsa yang adil dan makmur.

“Ini semua harus diupayakan dengan semangat serta dilengkapi dengan doa yang sepenuh hati. Itulah fungsi dari Ormas Islam, bukan terbatas pada Muktamar, Munas, Rakernas, dan sebagainya.”

Wakil Presiden menambahkan, pemerintah tidak dapat melaksanakan semua proses pembangunan seorang diri. “Pemerintah memberikan fasilitas, infrastruktur dan sebagainya, tapi tidak mungkin pemerintah meaksanakan semuanya,” ujarnya.

Oleh karena itu, ia mengingatkan, pembangunan hanya dapat dilaksanakan oleh masyarakat yang bersemangat membangun dalam berkontribusi bagi kemajuan dan kemakmuran bangsa. “Pemerintah memberikan bantuan, fasilitas, dan sebagainya, dan Ormas Islam merupakan elemen penting dalam membantu pembangunan yang kita cita-citakan bersama,” pungkas JK.

Source : Kemenag

Related posts

PP Muhammadiyah dan PBNU Imbau Warganya Tidak Ikut Aksi Demo 22 Mei

admin

Ledakan di Pondok Pesantren Al Mujahidin Kalteng Tidak Terkait Teroris

admin

Jawa Timur Kembali Juara Umum Lomba Baca Kitab Kuning di Jambi

admin

Tinggi Hilal 6 Derajat, NU dan Muhammadiyah Diprediksi Awali Ramadhan Bersama

admin

Indahnya Kebersamaan Halal bi Halal NU dan Muhammadiyah

admin

Prof. Mahfud MD: Konstitusi Negara Indonesia Sesuai Syariat Islam

admin
SILAHKAN BERTANYA
WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com