Media Islam Madinatul Iman Balikpapan
Islam Balikpapan Pesantren

Ratusan Calon Santri Ikuti Tes Tertulis di Pondok Pesantren Asy-Syifa Balikpapan

MADINATULIMAN.COM – Ratusan calon santri mengikuti ujian tertulis yang digelar di Komplek Pondok Pesantren Modern Asy-Syfa KM 5 Jalan Soekarno Hatta Balikpapan, Sabtu pagi (08/07/2017).

Ratusan calon santri itu terdiri dari 120 orang yang masuk ke madrasah tsanawiyah dan ada 80 orang yang masuk di tingkat madrasah aliyah. Di mana pada ujian tertulis ini merupakan ujian tahap ke dua.

Sedang ujian pertamanya adalah ujian lisan, seperti test mengaji, sholat serta hafalan doa-doa yang sudah berlangsung sejak 1 hingga 7 Juli yang lalu.

Pimpinan  Pondok Pesantren Asy-syfa Balikpapan KH Abdurrahman Hasan mengatakan, animo masyarakat untuk memasukan putra putrinya di pesantren terbilang tinggi.

Ini ditandai dengan jumlah calon santri yang mendaftar di pondok pesantren yang berdiri sejak tahun 1994 silam ini mengalami peningkatan setiap tahunnya.

“Untuk tahun ini saja jumlah calon santri yang mendaftar di aliyah ada delapan puluhan orang. Mereka terdiri dari siswa lanjutan dari pondok pesantren ini juga. Sebagian lagi berasal dari luar pesantren. Seperti dari SMP umum,” ujar KH Abdurrahman kepada cahayakaltim.com di sela-sela uji tulis berlangsung.

Menurut KH Abdurrahman, pondok pesantren merupakan sebuah wadah pendidikan bernuansa agamis dan diyakini tidak terpengaruh dengan dunia luar.

“Di pondok pesantren ini para santri tidak diperkenankan membawa HP dan membawa kendaraan bermotor. Sebab dampak dari pada HP seperti sekarang ini terbilang berbahaya bagi anak anak, khususnya dikalangan anak sekolah,”  ujarnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, selain tidak diperkenankan untuk membawa HP dan kendaraan bermotor, tayangan televisi juga dibatasi.

“Kecuali ada tayangan yang berbau agama. Bahkan dengan menggunakan layar lebar akan kami suguhkan kepada para santri,” imbuhnya.

Para calon santri yang mendaftar di pesantren ini ternyata bukan hanya berasal dari Balikpapan saja. Namun banyak pula yang berasal dari luar Balikpapan, seperti dari Kabupaten Penajam Paser Utara, Kabupaten Paser, Samarinda, Bontang, Sangata, Wahau serta beberapa daerah lainnya yang ada di Kalimantan Timur.

Para calon santri yang berasal dari luar itu sengaja dimasukan oleh orang tua mereka dikarenakan Pondok Pesantren Asy-Syfa Balikpapan merupakan salah satu pesantren terbaik yang ada di Provinsi Kalimantan Timur.

Salah seorang orang tua santri, Imanudin mengatakan, dirinya sengaja memasukkan putranya ke pondok pesantren ini dikarenakan nama Pondok Pesantren Asy-Syifa sudah dikenal luas dan berhasil mencetus para santrinya berhasil. “Ini anak saya yang kedua saya masukkan di sini. Sebelumnya anak saya yang pertama  alumni Asy-syfa juga,” ujar Imanudin. (*)

 

Source : Cahaya Kaltim

Related posts

Daftar 206 Lokasi Shalat Iedul Fitri 1439 H/2018 M se-Kota Balikpapan

admin

Tim Rukyatul Hilal Kemenag Balikpapan Tidak Berhasil Melihat Hilal Awal Dzulhijjah

admin

Masjid Al Furqon Kelurahan Damai ; Safari Ramadhan Pemkot Balikpapan

admin

Gus Azmi Lantunkan Lagu Ya Lal Wathan dan Mars Banser di Balikpapan Bershalawat

admin

Renovasi Pintu Utama Masjid Al-Wustho Balikpapan Diresmikan

admin

Ribuan Umat Islam Hadiri Peringatan Nuzulul Qur’an di At-Taqwa Balikpapan

admin
WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
WhatsApp Share info ke kami