Media Islam Madinatul Iman Balikpapan
Warta Dalam Kota

Ribuan Penumpang Terlantar Pelabuhan Semayang Balikpapan

MADINATULIMAN – Kekhawatiran itu akhirnya terjadi. Ribuan penumpang kapal laut terlantar di Pelabuhan Semayang, Selasa (14/8) kemarin. Bukan cuma ruang tunggu, halaman parkir pelabuhan pun penuh sesak. Bahkan, sebagian penumpang terpaksa menunggu di luar pagar dan meluber ke tepi jalan.
 

Ribuan penumpang ini terlantar karena keterlambatan kapal. Mestinya, KM Dorolonda dari Makassar tiba di Pelabuhan Semayang pagi hari, sekira pukul 09.00 Wita. Namun, informasi dari salah seorang petugas Administrator Pelabuhan (Adpel) Balikpapan yang kebetulan ada di Pos Pelayanan (Posyan) menyebut, bahwa kapal tersebut baru datang sekira pukul 13.00 Wita. “Numpuk mas penumpang, soalnya ada keterlambatan kapal Dorolonda dari Makasar. Saya kurang paham kenapa terlambat,” terang petugas tersebut.

 
Akibat keterlambatan ini, para penumpang banyak yang kesal. Mangapa tidak, sejak pagi mereka sudah rela mengantremasuk ke dalam ruang tunggu demi bisamenginjakan kaki kembali ke kampong halaman. Karena ruang tunggu penuh sesak, sebagian memilih ke luar. Rupanya, halaman parkir pun juga penuh dengan penumpang. Padahal, matahari begitu terik menyengat kulit.
 
“Saya ini polak balik, dari dalam ke luar. Nggak ada tempat nunggu, penuh manusia semua. Kalau tau terlambat lebih baik dating ke pelabuhan juga nanti-nanti saja,” aku pria yang tinggal di kawasan Samboja, Kukar ini.
 
Dari pantauan Balikpapan Pos, hingga pukul 13.30 Wita, kapal pun belum terlihat. Sejumlah penumpang masih setiamenunggu. Selimut dan sarung pun terpaksa dijadikan alas, termasuk juga penutup sengatan matahari. Sebagian juga ada yang membeli tikar plastik yang dijajakan sejumlah pedagang dadakan.
 
“Saya sampai pecah puasa mas, ndak tahan lagi panasnya, nafas jadi sesak. Banyak betul orang,” celetuk salah seorang ibu, saat menanyakan Balikpapan Pos. “Tolong lah mas, masukin koran. Kasihan kita nunggu, mau pingsan saya rasanya,” tambahnya ibu berjilbab ini.
 
Setiap ada pengumuman dari pengeras suara, ribuan penumpang menyambut gemuruh. Maklum, pengumuman kapal akan datang yang diharap-harap belum juga disampaikan. “Huuu….Kirain mau ngasih tahu kapal sudah datang,” teriak salah seorang calon penumpang begitu mendengar pengumuman, dengan nada kecewa.
 
Calon penumpang memang bukan dari Balikpapan saja, ada yang berasal dari beberapa daerah sekitar. Seperti Kabupaten PPU, Kukar, Samarinda bahkan Bontang dan Kutai Timur. Hingga siang hari, penumpang yang berkerumun semakin banyak.
 
Sebab, sesuai jadwal Selasa kemarin ada dua kapal yang akan mengangkut ribuan penumpang. Selain Dorolonda tujuan Surabaya, juga ada  KM Bukit Siguntangtujuan Pare Pare-Makassar-Maumere-Loweleba-Kupang. “Kalau ke Pare-pare sore kapalnya datang, berangkatnya malam,” tutur salah seorang penumpang.
 
Sebelumnya, Pemimpin Pelni Cabang Balikpapan, Sukendra, menyebut moda transportasi laut memangjadi incaran selain pesawat terbang. Lonjakan penumpang sudah diperkirakan, saat Pelni memberangkatkan armadanya menuju rute klasik, Selasa kemarin.
 
 “Untuk tujuan Makassar dan Pare Pare ada 3 ribu penumpang yang akan berangkat,” sebutnya. Tak berbeda dengan tujuan Surabaya, berdasarkan jumlah tiket yang terjual, sambungnya, ada 3 ribu orang dipastikan akan menumpang KM Dorolonda tujuan Surabaya.
 
Meski begitu, armadanya masih mampu menampung penumpang tambahan, tapi jumlahnya tak banyak. Harga tiket yang tetap normal salah satu pemicu laju kenaikan jumlah penumpangnya. Walau harijumlah penumpangnya sudah menanjak, Sukendra optimis puncak mudik angkutan laut tetap jatuh pada 17 Agustus mendatang. Pihaknya berharap, kenaikan jumlah penumpang diikuti dengan bertambahnya jumlah petugas di lapangan.
 
Kenaikan jumlah pemudik yang berangkat dari Pelabuhan Semayangpada libur Lebaran kali ini diprediksi meningkat minimal 5 persen dari Lebaran tahun 2011.Tahun lalu, pemudik dari Semayang berjumlah 35.225 orang, dengan tujuan ke Surabaya, Makassar, Parepare, Mamuju, Palu, Tarakan, dan Batu Licin.(die/balikpapanpos)

Related posts

Besaran Zakat Fitrah Di Balikpapan Adalah Rp. 25 Ribu dan Rp. 30 Ribu

admin

Di Balikpapan, Romahurmuziy Ingatkan Jaga Persatuan Menanggal Ekstrimisme

admin

Balikpapan Terancam Krisis Air Bersih

admin

Pemkot Balikpapan Siap Bangun Pembangkit Listrik Tenaga Gas Metan

admin

Biaya Haji Meningkat dan Antrian Bertambah ; Daftar 2012 Berangkat 2024

admin

Ide Pembentukan Kalimantan Tenggara Ditolak DPRD Balikpapan

admin
WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com