Media Islam dan Muslim Store No. 1 Balikpapan
Warta Dalam Kota

Ribuan PNS Kota Minyak Terancam Dirumahkan

MADINATULIMAN.COM –  Rencana Pemerintah Pusat akan melakukan rasionalisasi terhadap pegawai negeri sipil (PNS) dengan tingkat pendidikan SMA kebawah cukup membuat beberapa daerah khawatir.

Di Kota Balikpapan jumlah PNS tercatat per Maret 2016 sebanyak 6.307 pegawai mulai tingkat pendidikan sekolah dasar hingga S2.

Kasubbid Pengolahan Data kepegawaian Badan Kepegawaian Daerah Slamet Riyadi mengatakan di kota Minyak jumlah PNS dengan tingkat pendidikan SMA kebawah mencapai 1.770 pegawai.

Dengan perincian SD 126 pegawai, SMP 190 Pegawai dan SMA 1.454 pegawai, jumlah ini tentunya sekitar 25 persen dari keseluruhan PNS.

"Masih cukup banyak mereka tersebar di masing-masing SKPD biasanya menjadi pegawai operasional seperti di DKPP, Satpol PP dan BPBD," kata Slamet saat ditemui di ruangannya, Selasa (15/3/2016).

Menanggapi adanya rencana rasionalisasi, Slamet mengatakan sampai sejauh ini masih sebatas wacana belum sampai pada tingkat yang lebih serius.

"Belum ada informasi lebih detail soal itu (rasional) jadi masih sebatas wacana sebab ini tak mudah harus ada koordinasi juga dengan kementerian keuangan soal nilai pensiun yang didapat para pegawai yang dipensiun dini," katanya.

Untuk di Balikpapan sendiri menurut Slamet sebenarnya masih mengalami kekurangan pegawai hal ini tentunya sangat disayangkan apabila rencana rasionalisasi diterapkan.

"Memang untuk kepegawaian semua keputusan ada di pusat tapi mereka juga tidak bisa seenaknya tanpa melihat kondisi di daerah, kita disini sangat kekurangan patokannya cukup mudah masih adanya pegawai honorer untuk membantu pekerjaan setiap hari," katanya.

Selama ini setiap usulan daerah terhadap penambahan pegawai juga hasilnya tak sesuai harapan karena yang disetujui sangat terbatas.

"Istilahnya selalu di korting atau dipangkas kita usulkan 4.000 paling yang di setuju hanya berkisar 300 saja tentu hal ini sangat jauh dari ideal," ungkapnya.

Balikpapan sendiri masih mengalami kekurangan pegawai hingga 4.000 formasi dan selama ini untuk menutupinya dibantu para pegawai honorer.  (Tribun/foto:Upacara Perdana PNS Pemkot Balikpapan)

Related posts

DPRD Balikpapan Belum Lakukan Pembahasan APBD

admin

Ada Jama’ah Haji Tertua Berusia 81 Tahun dari Balikpapan

admin

Pemerintah Lelang Proyek Jalan Tol Balikpapan-Samarinda

admin

Masyarakat Balikpapan Anti Terorisme Gelar Aksi Solidaritas atas Korban Teror Bom

admin

Grup Rebana Tanzazila Mekar Sari Balikpapan Rebut 2 Gelar

admin

Di Balikpapan, Sekolah ‘Tidak Ber-Pancasila’ Menjadi Sorotan

admin
SILAHKAN BERTANYA
WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com