Media Islam Madinatul Iman Balikpapan
Salman Al-Audah
Salman Al Aoda
Berita Internasional

Salman al-Audah Dituntut Hukuman Mati Oleh Jaksa Arab Saudi

MADINATULIMAN.COM – Jaksa penuntut umum Arab Saudi menuntut hukuman mati ulama Salman al-Audah (Salman al-Ouda). Informasi tersebut dikabarkan media lokal, aktivis dan anggota keluarganya.

Awdah yang dinilai oleh para pejabat PBB sebagai seorang reformis, dijebloskan ke dalam penjara tahun lalu. Kurungan penjara itu berlangsung sesaat setelah Putra Mahkota Mohammed bin Salman melakukan tindakan keras terhadap orang-orang berbeda pendapat dengan kerajaan.

“Mohammed bin Salman juga memblokir wilayah darat, laut dan udara terhadap tetangga Kerajaan di Teluk, Qatar,” tulis Al Jazeera.

Ulama yang memiliki 14 juta follower di Twitter itu pernah mengunggah tulisannya di akun Twitter dengan mengatakan, “Semoga Allah menyelaraskan antara hati mereka demi kebaikan rakyatnya – seruan rekonsiliasi antara negara Teluk.”

Sementara itu, koran lokal Okaz melaporkan, jaksa penuntut umum yang mewakili pemerintah Arab Saudi mengajukan 37 tuntutan terhadap Awdah dan menuntutnya hukuman mati.

Menurut kelompok hak asasi manusia Arab Saudi berbasis di London, ALQST, dan aktivis lainnya, di antara dakwan yang dialamatkan kepada Awdah adalah menghasut penguasa dan menyebarkan kebencian.

Putra Awdah, Abdullah, mengatakan kepada kantor berita Reuters, tuduhan terhadap ayahnya antara lain tulisannya di Twitter dianggap kritis dan membentuk organisasi yang bekerja untuk membela kehormatan Nabi Muhammad.

Tuntutan jaksa terhadap Awdah ditanggapi aktivis Amnesty International Arab Saudi, Dana Ahmed, dengan mengatakan sikap Kerajaan terhadap kritik damai dibalas dengan hukuman mati adalah sebuah pesan mengerikan.

Salman Al-Audah

Salman al-Ouda memiliki nama lengkap Salman bin Fahd bin Abdullah Al-Ouda adalah salah satu ulama di Arab Saudi. Ia lahir pada bulan Jumadil Ula 1376 H/1956 M didesa Bashr, kota Buraidah-Qosim, Saudi Arabia.

Salman Al-Audah merupakan anggota sekaligus dewan pengawas al-Ittihaad al-‘Aalami li’ Ulama’i al-Muslimin‎ (Persatuan Ulama Islam Internasional) adalah sebuah Organisasi Islam yang berdiri di London pada tahun 2004 yang dipimpin oleh Syaikh Yusuf al-Qaradawi, dan beberapa wakil yaitu wakil dari Sunni Syaikh Abdullah bin Bayyah, wakil dari Syi’ah Muhammad Wa’izh Zadeh al-Khurasani dan wakil dari Ibadi Mufti Oman Syaikh Ahmad al-Khalili.

Ia adalah direktur situs web Islam Today edisi Arab, dan sering muncul di sejumlah acara TV dan media cetak.

Source : Tempo, Madinatuliman.com (Profil)

Related posts

Indonesia Raih Penghargaan Penyelenggara Haji Terbaik Dunia 2012

admin

Pihak Militer Mesir Lengserkan Presiden Morsi

admin

Putra Syaikh Said Ramadlan al-Buthi Bantah Klaim Adanya Penembakan

admin

Negara Muslim Tunisia Putuskan Tutup Masjid dan Radio Salafi

admin

Kini Bahagia Menjadi Mualaf

admin

3,5 Juta Pelajar Mesir Satu Barisan Bersama Al Azhar Lawan Para Pendengki

admin
WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
WhatsApp Share info ke kami