Media Islam Madinatul Iman Balikpapan
Islam Balikpapan Pesantren

Santri Ponpes Modern Al-Muttaqien Isi Waktu Jelang Berbuka dengan Tadarus

MADINATULIMAN.COM – Memperbanyak kegiatan keagamaan. Itulah yang dilakukan para santri Pondok Pesantren Al Muttaqien Balikpapan selama Ramadan. Meski di hari-hari biasa sudah tentu menjalankan hal serupa, namun di bulan istimewa ini tentu lebih maksimal. Hal tersebut diakui Pendiri Pondok Pesantren Al Muttaqien Balikpapan, KH Mohammad Anas Mochtar.

Kepada harian ini, KH Anas- akrab disapa menyebut jika kehidupan di dunia tak lain untuk perbekalan di alam kekal mendatang. “Tiada niatan lain, selain mencari ilmu dan bekal di akhirat,” ujarnya.

Berbagai kegiatan dilakukan selama Ramadan. Selama bulan suci ini, jelang berbuka puasa banyak dimanfaatkan para santri untuk mengaji di hampir semua sudut kawasan pusat pendidikan agama islam tersebut.

Lebih lanjut, sebenarnya bangunan ini sudah berdiri sejak tahun 1980 silam. Berdiri di kawasan Jl S Parman-Gunung Sari Ulu (GSU), awalnya Anas bersama kedua rekannya yang lain mendirikan Langgar Al Muhajirin yang terletak di kawasan Gunung Guntur.

Di saat itulah lembaga pendidikannya bernama Yayasan Pendidikan Islam Al Muhajirin yang baru menangani satu pendidikan formal dan dinamai Madrasah Diniyah Awaliyah dan secara yuridis berganti nama menjadi Yayasan Pendidikan Islam (YPI) Al Muttaqien. “Dijadikan yayasan modern, dan resmi membangun asrama pada awal 2002 lalu,” lanjutnya. Dan hingga kini, setidaknya tercatat ada 173 santri yang terdiri dari 78 putra dan 98 putri.

“Untuk jumlah pengajar ada 45 orang,” sebut pria paruh baya tersebut. Untuk santri dan santriwatinya sendiri, tak sekadar berasal dari Kota Minyak. Beberapa dari Bontang, Sangatta, Berau, Nunukan, Bulukan, Kukar dan Penajam Paser Utara (PPU). “Selama Ramadan ini, kegiatan kami mulai pukul 04.30 Wita sampai 23.00 Wita. Lebih banyak tadarus, memperbanyak bekal akhirat,” tutup pria asal Jombang-Jawa Timur tersebut.(rem/BALIKPAPANPOS)

http://www.balikpapanpos.co.id/index.php?mib=berita.detail&id=130867

Related posts

Khutbah Shalat Jum’at : Melestarikan Tradisi Silaturahmi

admin

Kodam VI/Mulawarman Gelar Lomba Hadrah, Ya Lal Wathan dan NKRI Harga Mati jadi Lagu Wajib

admin

740 Santri di Pondok Modern Asy Syifa Balikpapan

admin

Pegawai Majelis Agama Islam Johor Sambangi Ponpes Al-Muttaqien Balikpapan

admin

Pembangunan Islamic Center Balikpapan Tersendat

admin

Halal Bihalal Digelar Pengelola Pantai Lamaru Balikpapan Timur

admin
WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
WhatsApp Share info ke kami