Media Islam dan Muslim Store No. 1 Balikpapan
Islam Balikpapan Pesantren

Sedang Dirintis Pondok Pesantren Jamiatul Mudaqirin Balikpapan Utara Km 20

MADINATULIMAN.COM –  Lembaga pendidikan Islam berupa pondok pesantren di wilayah Balikpapan Utara berkembang pesat. Puluhan pondok pesantren di wilayah Balikpapan Utara, sebentar lagi akan bertambah satu lagi. Yakni Pondok Pesantren Jamiatul Mudaqirin yang berlokasi di Km 20 Kelurahan Karang Joang, Balikpapan Utara.

Pesantren tersebut sedang dirintis dan dibangun oleh Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Organisasi Shiddiqiyyah (Orshid) Kota Balikpapan yang didukung penuh oleh DPW Orshid Kaltim. “Lahannya di Km 20 Karang Joang. Insya Allah kami bangun pondok  pesantren. Saat ini sudah ada kantor di sana yang digunakan untuk pertemuan rutin setiap Minggu dan Jumat,” ujar Ketua DPD Orshid Balikpapan Rubi, Senin (3/4) kemarin.  Dalam kegiatannya rutin, DPD Orshid melakukan ibadah bersama tahlil dan wirid.

Belum lama ini, DPD Orshid Kota Balikpapan mendapat kunjungan Ketua DPW Orshid Kaltim Wijalistyo Dwi Purnawan bersama para pengurus. “Kunjungan dalam rangka silaturahmi dan membahas program kerja organisasi,” ujar Rubi.

 Untuk diketahui, thoriqoh Shiddiqiyyah dihidupkan kembali oleh Kyai Moch Muchtar Mu’thi pada tahun 1958 M di Indonesia setelah tidur selama lebih dari 900 tahun. Ini terjadi sejak meninggalnya Mursyid Thoriqoh Shiddiqiyyah melalui silsilah sahabat Salman Al Farisy, Asy Syaikh Muhammad Amin Kurdi Al Irbili ra.  Pelajaran Shiddiqiyyah yang diajarkan oleh Kyai Moch Muchtar Mu’thi mengambil dan melanjutkan pelajaran Thoriqoh Shiddiqiyyah.

Sejak saat itu jumlah murid yang menuntut ilmu dari Beliau dan kegiatan yang dilakukan semakin berkembang. Kegiatan tersebut utamanya pada bidang pendidikan, sosial keagamaan, ekonomi dan kebangsaan. Ajaran Thoriqoh Shiddiqiyyah diakui Pemerintah tidak bertentangan dengan ajaran agama Islam berdasarkan surat pengakuan Kejaksaan Tinggi Jawa Timur yang dikirim kepada Kejaksaan Agung Jakarta pada tanggal 30 Juni 1973 dengan no: R-1448/I/5.1.1./5/1973.

Perkembangan ini ditindaklanjuti dengan mendirikan satu organisasi kemasyarakatan (ormas) dengan nama Organisasi Shiddiqiyyah (Orshid) pada tanggal 30 Rajab 1422H/ 17 Oktober 2001 di Losari Ploso, Jombang. (ono)

Source : Balikpapan Prokal, Selasa, 04 April 2017
DPD Orshid Bangun Pondok Pesantren, Silaturahmi Rutin Gelar Tahlil dan Wiridan

 

Related posts

BAZNAS Balikpapan Beri Bantuan Daging Sapi di wilayah Pinggiran

admin

Puluhan Ustadz Ikuti Workshop Melawan Narasi Radikal di Grand Tiga Mustika

admin

HCoB Akan Gelar Buka Bersama di Panti Asuhan Bakti Haji Yayasan PJHI Batakan

admin

Warga Somber Balikpapan Menyambut Bulan Suci Ramadhan 1433 H

admin

Masjid Al Kahfi Balikpapan Timur : Ajak Menjaga Kebersamaan dan Kerukunan

admin

Pembangunan Pondok Pesantren Nur Hidayah di KM 7 Balikpapan

admin
SILAHKAN BERTANYA
WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com