Media Islam Madinatul Iman Balikpapan
Warta Dalam Kota

Sekolah Swasta Balikpapan Minim Perhatian

MADINATULIMAN.COM – Tak hanya kehilangan potensi anggaran keuangan, pihak sekolah swasta juga merasa dianaktirikan oleh pemerintah lantaran perhatian yang minim. Tak hanya terkait pembangunan infrastruktur sekolah, melainkan dalam porsi di berbagai pelatihan tenaga pengajar. Hal itu dikemukakan Ridwansyah, anggota Badan Musyawarah Perguruan Swasta (BMPS) kepada media ini (22/8/2014).

Dikatakan, saat ini banyak pihak pengelola sekolah swasta mengeluhkan perhatian dari Dinas Pendidikan (Disdik) Balikpapan. Padahal, jika perhatian dalam penyediaan anggaran serta tenaga pengajar bisa merata dengan sekolah negeri, maka biaya pendidikan bagi siswa di sekolah swasta bisa ditekan.

“Kami sangat berharap sekolah swasta bisa menjadi perhatian bagi pemerintah. Anak didik yang diajarkan di sekolah swasta ini juga merupakan penerus bangsa. Sama halnya dengan anak yang sekolah di negeri,” paparnya.

Ia berharap, upaya peningkatan mutu bagi tenaga pengajar di sekolah swasta menjadi perhatian pemerintah. Itu akan membuat kepercayaan masyarakat kepada sekolah swasta menjadi besar. Sehingga, tidak hanya sekolah negeri saja yang dianggap berkualitas. “Saat ini yang kami rasakan seperti dianaktirikan. Penambahan kelas untuk rombongan belajar di APBD saja sangat sulit. Kalau di sekolah negeri, lain ceritanya,” bebernya.

Sebelumnya, BMPS sempat membeberkan taksiran potensi kerugian keuangan yang ditanggung sejumlah sekolah swasta akibat penerimaan siswa baru di sekolah negeri lewat jalur “belakang”. Dari hasil perhitungannya, bahwa terdapat sekitar Rp 49,6 miliar dana yang mestinya masuk ke sekolah swasta di Balikpapan.

Namun potensi dana itu akhirnya hilang, lantaran siswa yang tidak lolos kualifikasi ke sekolah negeri, tetap dipaksa masuk ke sekolah negeri. Baik melalui jalur “belakang”, maupun pihak sekolah yang tiba-tiba menambah rombongan belajar (rombel). (*/qi/rom/k8/KALTIMPOS)

Related posts

PKK Balikpapan Terbaik Se-Kalimantan Timur

admin

Romy Resmi Buka Muswil PPP Kaltim dan Kaltara di Hotel New Benakutai

admin

Kisah Debat Terbuka Tentang Tahlilan di Masjid Istiqamah Pertamina Balikpapan

admin

SMKN 4 Balikpapan Memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW

admin

Buka Puasa dan Silaturahmi Lintas Iman Digelar di Aula Gereja Katolik Dahor Balikpapan

admin

Besaran Zakat Fitrah Di Balikpapan Adalah Rp. 25 Ribu dan Rp. 30 Ribu

admin
WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
WhatsApp BAGI INFO KE KAMI