Media Islam Madinatul Iman Balikpapan
Islam Balikpapan

SMAN 1 Balikpapan: Salat Jumat Jadi Kegiatan Wajib Sekolah

MADINATULIMAN – Dalam beberapa tahun terakhir, mushala SMAN 1 Balikpapan selalu ramai ketika datangnya waktu salat Dzuhur. Namun tak sekadar di hari-hari biasa, saat hari Jumat tiba, puluhan siswa laki-laki yang beragama Islam bergegas menuju mushala yang berada di belakang untuk menunaikan salat Jumat berjama’ah, sesaat setalah jam pulang sekolah.
 

Kepada harian ini, Kepala SMAN 1 Balikpapan, Drs H S Imam Suja’i MPd menuturkan jika kegiatan tersebut masuk dalam pendidikan agama Islam. “Diabsen dan ada nilai dari guru pembinanya. Sebenarnya hal ini masuk dalam penilaian jadwal salat di sekolah. Dengan demikian menambah nilai praktik anak,” beber Imam-akrabnya disapa.

Kendati terbilang wajib, namun ternyata tidak semua siswa laki-laki bisa masuk untuk salat jumat berjamaah sekaligus. Keterbatasan luas ruang diakuinya menjadi kendala tersendiri. Sehingga dalam seminggu, hanya 3 sampai 4 kelas saja yang bisa mengikuti salat jumat berjamaah. Berbeda dengan salat dzuhur harian yang bisa silih berganti.

“Insya Allah akan kami lebarkan. Tapi untuk saat ini kalau bangunan dibongkar, kami masih terkendala alternatif pengalihannya,” ungkap pria yang sebelumnya menjabat di SMAN 8 Balikpapan tersebut.

Dengan adanya program tersebut, ternyata cukup berhasil memancing anak untuk senantiasa mendekatkan diri kepada Tuhan. Terbukti dengan adanya Forum Komunikasi Remaja Muslim (FKRM) sekolah yang semakin aktif dalam kegiatan kerohanian.

“Malah siswa kami banyak yang menghabiskan waktu di mushala, setelah pulang sekolah saya lihat masih banyak yang bertahan untuk menjalankan kegiatan perkumpulan rohani,” imbuhnya. Dari FKRM tersebut, terang Imam, salah satunya adalah Mentoring Islam Intensive (MI2) yang diikuti oleh siswa-siswi kelas X hingga XII dan dibina oleh para alumni sekolah.

Layaknya melaksanakan salat Jumat di masjid, para siswa juga diimami oleh imam dari pihak sekolah dan terkadang mendatangkan imam dari luar sekolah. Ada pula sesi ceramah yang ditujukan untuk mengajak siswa meningkatkan prestasi di sekolah.(rem/BALIKPAPANPOS)

Related posts

MUI Balikpapan Selatan Safari Ramadhan ke Masjid Nurul Falah Sepinggan Raya

admin

Fatayat NU Ikuti Pembukaan Pesantren Ramadhan WBS di Lapas Balikpapan

admin

Tim Rukyatul Hilal Kemenag Balikpapan Tidak Berhasil Melihat Hilal Awal Dzulhijjah

admin

Istighotsah dan Manaqiban Awali Semarak Hari Santri di Pondok Pesantren Al-Muttaqien

admin

Khutbah Shalat Jum’at : Melestarikan Tradisi Silaturahmi

admin

Masjid Baiturrahim Gn Samarinda Balikpapan Gelar Maulid Bersama Ust Payage

admin
WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
WhatsApp BAGI INFO KE KAMI