Media Islam Madinatul Iman Balikpapan
Islam Balikpapan

SMPN 5 Balikpapan Mantapkan Pemahaman Agama Guna Perbaiki Akhlak

MADINATULIMAN.COM – Salah satu langkah dalam upaya memperbaiki akhlaq siswa, SMPN 5 menggelar pesantren kilat Ramadan, di Musholah sekolah. Pesantren kilat tersebut diharapkan dapat mewujudkan karakter siswa yang berkompetensi berlandaskan imtaq, sehingga kereligiusan dalam sekolah akan terwujud.

Pelaksanaan pesantren kilat dimulai dengan shalat dhuha berjamaah dan diakhiri dengan shalat Dzuhur berjamaah. Materi-materi yang diberikan bernuansa Islami.

Materi keislaman disampaikan oleh guru-guru agama serta para senior di lingkungan sekolah, diantaranya mengenai Dinul Islam, praktik wudhu yang benar, Aqidah, Akhlaq kepada Allah, Rasul, Orang tua dan Guru, praktik shalat menurut Sunnah, sejarah kebudayaan Islam, Al Quran sebagai sumber hukum Islam, tata krama pergaulan menurut Islam, hal-hal yang merusak keimanan Islam, Tadarus ayat-ayat Al Quran, pernikahan menurut ajaran agama Islam, kenikmatan surga dan kengerian neraka, hafalan Asmaul Husnah serta diskusi tentang dunia Islam.

“Kegiatan ini rutin kami adakan setiap bulan puasa Ramadan,” kata Ahmad SPd Kepala SMPN 5 kepada Balikpapan Pos saat ditemui kemarin.

Menurut Ahmad selama masa belajar di bulan puasa Ramadan  yang hanya seminggu ini, sangat tepat kalau diadakan kegiaan pesantren Ramadhan sehingga siswa pun mendapatkan pembekalan agama yang baik selama seminggu ini. Kegiatan ini diikuti oleh siswa kelas VIII dan IX, adapun untuk siswa non muslim juga ada kegiatan serupa sesuai dengan agamanya.  “Siswa yang mengikuti pesantren kilat ini merupakan siswa pilihan,” imbuhnya. (are/BALIKPAPANPOS)

Related posts

Wasiat Syekh Ali Jaber dalam Khutbahnya di Masjid At-Taqwa Balikpapan

admin

Ribuan Anak Ikuti Dongeng Haji dan Kurban Yang Digelar PKPU Balikpapan

admin

NU Balikpapan Tidak Ada Hubungannya dengan ANNAS

admin

Target Wakafkan 10 Ribu untuk Umat Islam Balikpapan

admin

Siswa SLB Tunas Bangsa Balikpapan Peringati Tahun Baru Islam 1440 H

admin

Wildan Abadi Alumni PP Al Basyiriyyah Jadi Imam Shalat Ied di Masjid Balikpapan

admin
WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
WhatsApp BAGI INFO KE KAMI