Media Islam dan Muslim Store No. 1 Balikpapan
Islam Balikpapan

Soal Game Pokemon, MUI Balikpapan Tunggu Keputusan Pusat

MADINATULIMAN.COM – Majelis Ulama Indonesia (MUI) dalam waktu dekat ini akan mengeluarkan fatwa kepada umat muslim, terkait permainan Pokemen Go yang tengah digandrungi masyarakat dunia termasuk Indonesia.

MUI cabang Balikpapan saat ini masih menunggu kabar dari MUI Pusat sehingga belum dapat mengomentari terkait fatwa bermain Pokemon Go yang saat ini tengah naik daun.

Ketua MUI Bidang Fatwa, KH Anas Muchtar mengatakan masih menunggu keputusan dari MUI pusat. “Itu keputusan pusat kita masih tunggu fatwa MUI Pusat. Setiap daerah tidak bisa memutuskan sendiri-sendiri. Jadi harus tunggu nanti kalau ada putusan resmi akan dikirim ke daerah-daerah,” katanya.

Aplikasi Pokemon Go ini merupakan hal yang berkaitan dengan kalangan banyak, sehingga tidak bisa mengambil keputusan secara sepihak. “Kayak sosialisasi soal imunisasi nasional kita diberi kewenangan untuk ikut menyosialisasikan program ini. Kalau sifatnya daerah maka MUI daerah bisa keluarkan itu. Tapi ini (Pokemon) itu putusan pusat,” tandasnya.

Diakui Anas, pihaknya terus melakukan kordinasi dengan MUI pusat terkait hal tersebut.

Anas menyebutkan apabila keputusan tersebut sudah ditetapkan baik itu haram ataupun tidak dalam bermain Pokemon Go, pihaknya akan mensosialisasikan keputusan tersebut kepada masyarakat. “Kalau sudah ada keputusan kita akan sampaikan pula di sini. Kan kewajiban kita untuk menyampaikan hasil fatwa itu agar umat muslim mengetahui,” tuturnya.

Meski begitu, pihaknya mengimbau untuk tidak menjadikan permainan Pokemon Go sebagai sesuatu hal yang dapat mengurangi nilai-nilai hak dan kewajiban umat manusia beragama.

“Masyarakat terutama umat Islam tidak melalaikan kewajibannya sebagai umat Islam akibat bermain Pokemon Go. Itu harus diingat bermain tidak boleh melalaikan kewajiban. Kayak pegawai itu juga harus diingatkan nggak boleh lalai pekerjaan gara-gara main ini,” tukasnya. (din/KORANKALTIM)

Related posts

Bimbingan Teknis Pengurus UPZ Masjid dan Mushalla se-Kota Balikpapan Ditunda

admin

MTQ Balikapapan Digelar di 3 Masjid Pada 15 Februari 2013

admin

Ustadz Muhammad Arifin Ilham Akan Ke Balikpapan di Perayaan Tahun Baru Islam

admin

Warga Somber Balikpapan Menyambut Bulan Suci Ramadhan 1433 H

admin

Kapolres Balikpapan: Shalat Tarawih Bersama Warga Tingkatkan Kebersamaan

admin

NU Balikpapan Selatan Buka Rapat Kerja II di HER Hotel & Trade Center

admin
SILAHKAN BERTANYA
WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com