Media Islam Madinatul Iman Balikpapan
Warta Dalam Kota

Stok Darah di Kantor PMI Cabang Balikpapan Kian Menipis

MADINATULIMAN – Mulai awal Ramadan, stok darah di kantor PMI Cabang Balikpapan terus berkurang, khusus untuk golongan A dan B mengalami kekosongan. Sedangkan, golongan darah AB dan O stoknya sangat terbatas, hanya cukup untuk beberapa hari ke depan karena tersisa sekira 20 kantong. ”Untuk golongan A dan stoknya habis sama sekali sedangkan sisanya golongan AB dan O,” tegas petugas transfusi PMI Cabang Balikpapan Rinny Siahaan, kemarin.
 

Menurutnya, Kantor PMI Balikpapan melayani permintaan darah bagi pasien di empat kabupaten dan kota untuk wilayah Kaltim bagian Selatan di antaranya Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Paser, Balikpapan hingga Kutai Kartanegara (Kukar). “Kami tidak bisa melayani permintaan dari keluarga pasien karena stoknya kosong. Jadi kalau masyarakat membutuhkan darah maka mereka harus mencari donor sendiri.

Ya mungkin teman, saudara atau tetangga. Soalnya kalau bulan puasa seperti ini jarang orang yang melakukan donor,” tuturnya. Saat ini, kata Rinny, PMI kewalahan untuk memenuhi permintaan darah bagi pasien yang membutuhkan. “Kami mengimbau kepada masyarakat sehabis tarawih agar mampir ke PMI untuk mendonorkan darahnya supaya kami (PMI Balikpapan) tidak akan kehabisan stok darah,” terangnya.

Menurutnya, sejak awal tahun 2013 PMI Balikpapan sudah mulai kesulitan melayani permintaan darah dari masyarakat karena rata-rata setiap hari permintaannya mencapai 30 sampai 50 kantong. Diakui Rinny, meningkatnya permintaan daerah ini karena jumlah penderita demam berdarah dengue (DBD) mengalami peningkatan serta tingginya permintaan darah bagi pasien yang mengalami operasi akibat kecelakaan lalulintas (lakalantas).

Sejauh ini kata Rinny, PMI hanya mengandalkan instansi, perusahaan, organisasi, personel TNI-Polri serta organisasi gereja untuk melakukan donor darah ini. “Karena ini bulan Ramadan, jadi donor darah kami laksanakan pada malam hari,” pungkasnya.(vie/balikpapanpos)

Related posts

Wali Kota Balikpapan Minta Dukungan Soal Penutupan Pelacuran di KM 17

admin

Sebulan, Pemkot Bayar Rp 1,5 Miliar ke PLN Untuk Penerangan Jalan Umum

admin

Sekolah Swasta Balikpapan Minim Perhatian

admin

Foto: Buka Puasa Bersama Pemuda Lintas Agama di Kota Balikpapan

admin

Info Mudik Gratis “BUMN Mudik Bareng 2019” PT. Pupuk Kaltim di Balikpapan

admin

Tabligh Akbar Sayyid Seif Alwi di Islamic Centre Balikpapan Dibatalkan

admin
WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
SILAHKAN BERTANYA