Media Islam Madinatul Iman Balikpapan
Sultan Haji Adji Muhammad Salehuddin II (Foto: Prokal)
Kaltim News

Sultan Kutai Kartanegara Kalimantan Timur Wafat Dalam Usia 94 Tahun

MADINATULIMAN.COM – Sultan Kutai Kartanegara Ing Martadipura Sultan Haji Adji Muhammad Salehuddin II dikabarkan meninggal dunia, Minggu (5/08/2018) ini. Kabar duka ini beredar sejak pagi hingga siang ini di Tenggarong dan Samarinda.

“Jenazah disemayamkan di rumah duka di Jalan S Parman, Tenggarong,” kata warga Tenggarong.

Untuk diketahui Adji Pangeran Prabu Anum Surya Adiningrat yang bergelar Sultan Haji Aji Muhammad Salehuddin II bin Sultan Adji Muhammad Parikesit atau disebut juga Pangeran Praboe adalah Sultan Kutai dari Kesultanan Kutai Kartanegara yang lahir di Tenggarong, Kutai Kartanegara, Hindia Belanda, 24 Oktober 1924. Dengan demikian, Sultan meninggal pada umur 94 tahun. Sultan dinobatkan pada tanggal 22 September 2001.

Dikutip dari Wikipedia, kesultanan Kutai Kartanegara dihidupkan kembali. Awalnya pada tahun 1999, Bupati Kutai Kartanegara Drs. H. Syaukani HR, MM berniat untuk menghidupkan kembali Kesultanan Kutai Kartanegara ing Martadipura.

Dikembalikannya Kesultanan Kutai ini bukan dengan maksud untuk menghidupkan feodalisme di daerah, namun sebagai upaya pelestarian warisan sejarah dan budaya Kerajaan Kutai sebagai kerajaan tertua di Indonesia. Selain itu, dihidupkannya tradisi Kesultanan Kutai Kartanegara adalah untuk mendukung sektor pariwisata Kalimantan Timur dalam upaya menarik minat wisatawan nusantara maupun mancanegara.

Pada tanggal 7 November 2000, Bupati Kutai Kartanegara bersama Putra Mahkota Kutai H. Aji Pangeran Praboe Anoem Soerja Adiningrat menghadap Presiden RI Abdurrahman Wahid di Bina Graha Jakarta untuk menyampaikan maksud di atas. Presiden Wahid menyetujui dan merestui dikembalikannya Kesultanan Kutai Kartanegara kepada keturunan Sultan Kutai yakni putra mahkota H. Aji Pangeran Praboe.

Pada tanggal 22 September 2001, Putra Mahkota Kesultanan Kutai Kartanegara, H. Aji Pangeran Praboe Anoem Soerya Adiningrat dinobatkan menjadi Sultan Kutai Kartanegara dengan gelar Sultan H. Aji Muhammad Salehuddin II. Penabalan H.A.P. Praboe sebagai Sultan Kutai Kartanegara baru dilaksanakan pada tanggal 22 September 2001.

Penobatannya sendiri diakui oleh seluruh kerabat Kesultanan Koetai ing Martadipura dan Pemkab Kutai Kartanegara. Malah, ketika Pemkab Kukar di era pemerintahan Syaukani HR, ia pun dibangunkan sebuah keraton (kedaton) senilai Rp 11 miliar lebih. Letaknya persis di belakang Museum Mulawarman, Tenggarong, bekas istana atau pusat kerajaan tempo dulu. (pro)

Source : Kaltim Procal

Related posts

Ketua NU Kutai Kartanegara Kaltim Apresiasi Pengamanan Unjuk Rasa 22 Mei

admin

Sabran S.Sos Terpilih Sebagai Ketua Umum DPW BKPRMI Kaltim

admin

Ini Bantahan Majelis Al-Wafa bi ‘Ahdilah Soal Beredarnya Hoax Penangkapan Habib Umar bin Hafidz

admin

Sejumlah Ormas Samarinda Kritisi Persoalan ISIS

admin

Ya Lal Wathan Menggema di Safari Ramadhan Danrem 091/ASN PPU Kaltim

admin

Di Penajam, Tim Kirab Satu Negeri Dikawal Ormas dan Masyarakat Menuju Mapolres

admin
WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com