Media Islam Madinatul Iman Balikpapan
Pilihan Utama Warta Dalam Kota

Tabligh Akbar Sayyid Seif Alwi di Islamic Centre Balikpapan Dibatalkan

MADINATULIMAN.COM – Tabligh Akbar dalam rangka Peringatan Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW 1440 H dan menyambut datangnya bulan suci Ramadhan 1440 Hijriyah bersama Sayyid Seif Alwi Ba’alawy di Masjid Madinatul Iman Islamic Centre Balikpapan yang sejatinya akan berlangsung Jum’at (3/5/2019) malam Sabtu batal dilaksanakan.

Pemberitahuan batalnya acara yang mengundang Pimpinan Majelis Ta’lim Ahbabur Rasul tersebut, salah satunya diinformasikan oleh akun ig BIC meskipun tidak dijelaskan sebab pasti pembatalan majelis ilmu tersebut.

“Assalamualaikum wr.wb. Dengan memohon maaf yg sebesar2nya kepada masyarkat kota Balikpapan Bahwa peringatan isra dan mi’raj yg harusnya malam ini,tidak jadi dilaksanakan karena ada sesuatu dan lain hal Sekali lagi kami memohon maaf kepada seluruh masyarakat kota balikpapan Mudah2an semua bsa memaafkan. Wassalamualaikum wr.wb”, tulis akun BIC tersebut.

Berdasarkan penelusuran penyebab pembatalan tersebut, yakni adanya penolakan dari suatu lembaga nasab yang merasa keberatan dengan Sayyid Seif Alwi Ba’alawy karena dianggap tidak sesuai dengan nama sebenarnya.

Lembaga tersebut melayangkan surat kepada Walikota Balikpapan, tertanggal 25 April 2019, meminta penceramah diganti dengan yang lainnya, serta menyarankan menggunakan nama Ujang/ Aang yang disebutkan sebagai nama asli dari Sayyid Seif Alwi bila tidak bisa diganti sebagai penceramah.

Selain itu, lembaga tersebut mengancam akan melaporkan ke Polresta Balikpapan perihal pemalsuan identitas bila tetap mengundang Sayyid Seif Alwi sebagai penceramah dalam Tabligh Akbar di Islamic Centre Balikpapan.

Biografi Singkat Sayyid Seif Alwy Ba’alawy 

Dalam situs Tribunsantri (2018),  disebutkan bahwa nama lengkapnya adalah Seif Alwi Iskandar bin Muhammad Misbah bin Muhammad Ali Hasan bin Ahmad bin Muhammad Syarif, merupakan keturunan Sunan Gunung Jati (Syarif Hidayatullah) yang ke-19 dan keturunan ke-25 Abdul Malik yang dikenal dengan sebutan Azmatkhan / Adzmat Khon .

Sayyid Seif sering dipanggil Habib Alwi Ba’alawi. Kata Ba’alawi merupakan nisbat kepada leluhurnya ‘Alawiyin’ yakni Al Faqih Muqoddam Muhammad bin Ali Ba’alawi.

Didalam Syamsu Azh Zhahirah fi Nasabi Ahli al-Bait min Bani ‘Alawi (.pdf, hal. 521), disebutkan bahwa mereka adalah  keturunan dari Sayyid Abdul Malik Adzmatkhan bin Alawi Ammul Faqih, keturunan Husain bin Ali.[]

Related posts

Kemenag Balikpapan Gelar Seminar Nasional Pendidikan Madrasah

admin

Balikpapan Pasang Detektor di Bandara untuk Cegah Virus Ebola

admin

SMA Patra Dharma Balikpapan Kembangkan e-Library

admin

Masjid Cheng Ho Balikpapan Jadi Destinasi Wisata Keragaman Budaya

admin

Besaran Zakat Fitrah dan Fidyah di Kota Balikpapan 2019 Oleh Kemenag

admin

Ini Bantahan Majelis Al-Wafa bi ‘Ahdilah Soal Beredarnya Hoax Penangkapan Habib Umar bin Hafidz

admin
WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
WhatsApp BAGI INFO KE KAMI