Media Islam Madinatul Iman Balikpapan
Berita Nusantara

Tidak Benar Sidang Itsbat Menghabiskan Anggaran 9 Milyar

MADINATULIMAN (Jakarta) – Sidang Itsbat awal Ramadan 1434 H telah dilaksanakan pada hari Senin, tanggal 8 Juli 2013 M/29 Sya`ban 1434 H di Auditorium H.M. Rasjidi Kementerian Agama Jl. M.H. Thamrin No. 6 Jakarta. Kegiatan tersebut menetapkan bahwa 1 Ramadan 1434 H jatuh pada hari Rabu, 10 juli 2013 M.
 

Ketika ditanya oleh bimasislam terkait dengan pemberitaan di luar, baik cetak maupun elektronik, Kasubdit Pembinaan Syarian dan Hisab Rukyat, Dr. H. Ahmad Izzuddin, M.Ag, menyatakan bahwa tidak benar sama sekali Sidang Itsbat menghabiskan anggaran 9 Milyar. Itu data darimana? Apakah yang menyatakan itu punya dasar atau punya pretensi sendiri? Jawan ahli Hisab dari IAIN Walisongo ini terheran-heran.

Izzuddin menegaskan, bahwa dalam rangka menunjang kesuksesan acara Sidang Itsbat awal Ramadan 1434, Kementerian Agama Republik Indonesia memang menganggarkan biaya, tetapi hanya sebesar Rp. 142.478.000. Biaya itu dialokasikan untuk sekedar konsumsi seluruh peserta dan teman-teman wartawan, serta transport seluruh undangan dan nara sumber serta kepanitiaan. “Prinsipnya, kami berani mempertanggungjawabkan dana itu dan kami pure demi kemaslahatan”, tegasnya.

Lebih lanjut Izzuddin mengatakan bahwa kegiatan tersebut merupakan kegiatan musyawarah seluruh umat Islam yang terwakili di setiap Ormas Islam untuk menentukan awal bulan Ramadan 1434 H. “Kegiatan ini merupakan wadah dalam mempersatukan ummat dan menentramkan masyarakat dalam beribadah dan memberikan kepastian tentang awal Ramadan 1434 H. Jadi tolong jangan ada yang bermain opini di bulan suci ini”, harapnya.

Dalam pantauan bimasislam, peserta Sidang Itsbat sebanyak 185 orang, terdiri dari Majelis Ulama Indonesia; Komisi VIII DPR RI; Duta Besar Negara Sahabat; Pejabat Eselon I dan II Kementerian Agama; Pejabat Eselon II Kemenkokesra; Pejabat Eselon II Kementerian Kominfo; Badan Hisab Rukyat Kementerian Agama; Organisasi kemasyarakatan Islam; Boscha, Lapan, Planetarium Badan Geospasial; Lembaga/instansi terkait; Pondok Pesantren. Sebagaimana diketahui, Sidang itsbat ini juga dihadiri dan diliput oleh wartawan, baik media cetak maupun elektronik seluruh Indonesia. (bieb/foto:bimasislam)

Source: bimasislam.kemenag.go.id

Related posts

Nanti Rp 1.000 Jadi Rp 1, Dua Jenis Mata Uang Rupiah Bakal Beredar

admin

Rekapitulasi Perhitungan Awal Ramadhan 1436 H / 2015

admin

95 Persen Content Media Sosial adalah Sampah

admin

MTQ Internasional Menggunakan Bacaan Riwayat Tujuh Imam

admin

MUI Sebut Penolakan terhadap Islam Nusantara di Minang Menyalahi Khittah MUI

admin

Ketua Fatwa MUI KH Ma’ruf Amin : Jangan Generalisir Rohis Sebagai Sarang Teroris

admin
WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
WhatsApp Share info ke kami