Media Islam Madinatul Iman Balikpapan
Islam Balikpapan

TK Al–Mu’min Balikpapan Gelar Baksos di Panti Asuhan Al-Mu’min

MADINATULIMAN – TK Al–Mu’min Balikpapan melakukan kunjungan rutin bakti sosial (baksos) ke Panti Asuhan Al-Mu’min Balikpapan, Sabtu (5/1) pagi. Panti asuhan ini di bawah naungan Yayasan Assakinatul Yatama, Lembaga Kesejahteraan Sosial Lansia (LKSL). Yayasan ini beralamat di Jalan MT Haryono Almakmur II RT 39 Damai Balikpapan Selatan.
 

Ditemui Balikpapan Pos, Nur Hasanah selaku pengelola TK Al-Mu’min mengatakan, kegiatan ini merupakan rutinitas setiap tahun namun tidak hanya satu tempat saja melaikan ke tempat-tempat yang berbeda. Lanjut Nur Hasanah, TK Al-Mu’min berdiri sejak tahun 2010 dengan alamat di Jalan Teratai Merah RT 108 Blok B No 013 Sepinggan. “TK Al-Mu’min ini berada di naungan yayasan Assakinah Yatama Balikpapan, namun siswa-siswi TK Al-Mu’min ini bukan bagian dari panti asuhan yang tinggal di komplek/asrama tersebut,” kata Nur Hasanah.

Pendidikan Taman Kanak-Kanak (TK) Al-Mu’min ini dengan metode pendidikan umum seperti layaknya TK yang lain namun, TK Al-Mu’min ini memiliki ciri khas yang berbeda dengan Taman Kanak-kanak (TK) yang lain, TK ini sangat kreatif dan kaya hasil karya dari siswa siswi itu sendiri. “Seperti karyanya berupa dari bahan daur ulang dibuat tas mungil, seperti gelas aqua juga dibuat tas mungil untuk uang receh, kasdus dibuat pas foto, pigura untuk gantungan pintu, kain perca dibuat hiasan dinding, biji-bijian dibuat bros, kalender berkas dibuat mobil-mobilan dan masih banyak lagi yang belum disebutkan,” tutur Nur.

Hasil karya siswa siswi TK Al-Mu’min ini dijual kepada orang tua murid sendiri, dari hasil jual tersebut 50 persen untuk siswa siswi sendiri untuk ditabung. 50 persennya untuk disumbangkan kepada saudara yang membutuhkan, biasanya penyumbangan dilaksanakan saat baksos. “Seperti tadi diserahkan ke panti asuhan Al-Mu’min dan sebagian lagi ke musibah kebakaran, ini semua berkat dukungan orang tua murid yang sangat besar, secara spontanitas ada yang menyumbangkan rejekinya berupa dana dan sembako,” urai Nur.

TK Al-Mu’min ini memiliki jumlah 106 ssiwa yang terdiri dari berbagai kecamatan yang ada di Balikpapan. Selama kurang lebih 3 tahun, banyak prestasi yang diperoleh oleh TK Al-Mu’min seperti lomba busana daerah juara I, lomba Adzan juara I, bola voli Putra juara III dan lomba mewarnai juara II dan harapan III dan juga masih banyak prestasi-prestasi yang belum disebutkan.

Pendanaan TK Al-Mu’min ini murni dari dana pembayaran orang tua siswa yang dikelola untuk dana operasional, kegiatan dan lainnya. TK Al-Mu’min ini memiliki visi menjadikan generasi yang Islami, ceria, kreatif dengan mengenalkan dan menanamkan nilai agama secara dini.

Sedangkan misinya menjadikan generasi soleh dan solehah, beriman sesuai pedoman yang berbasis Alquran dan Hadist agar anak mampu berdiri dalam globalisasi perkembangan zaman, memberikan kebebasan hak anak untuk didik menjadi generasi yang selalu berpikir positif, menumbuhkan imajinasi, kreative, menjadikan percaya diri, kemandirian anak yang ditanamkan sejak dini akan menumbuhkan kedisiplinan diri.

“Harapan ke depannya TK Al-Mu’min semoga semua kegiatan tersebut bisa terus terlaksana dan saya ucapkan terimah kasih buat anak-anak yang hebat, wali murud dan komite III dan kepengurusannya,” tutup Nur.(**/bp-14/balikpapanpos)

Related posts

Majelis Ta’lim Korpri Beriman Balikpapan Kupas Realitas Kehidupan

admin

HCoB Akan Gelar Buka Bersama di Panti Asuhan Bakti Haji Yayasan PJHI Batakan

admin

SDN 001 Balikpapan Selatan Peringati Tahun Baru Islam 1440 H

admin

Tabligh Akbar Tahun Baru di At-Taqwa Hadirkan KH. Cholil Nafis

admin

Pondok Pesantren Nur Hidayah Balikpapan Peringati Tahun Baru Islam

admin

Lomba Kaligrafi MTQ Balikpapan Dapat Perhatian

admin
WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
WhatsApp Share info ke kami