Media Islam Madinatul Iman Balikpapan
Tarikh

Twit Sang Kiai: Sekilas Review Sejarah Perjuangan KH Hasyim Asy’ari

MADINATULIMAN – Hampir 2 tahun KH. Hasyim As'ari (1945-1947) dipenjara oleh tentara jepang karena membela keyakinan aqidah dan membela negara. Disiksa dan berpindah2 dari satu penjara ke penjara lain.
 

Akhir oktober 1945 bung Tomo sowan dan meminta fatwa kepada KH Hasyim As'ari menghadapi tentara penjajah jepang dan atas fatwa "Resolusi Jihad" (melawan penjajah) lahirlah peristiwa heroik 10 Nopember 1945 di Surabaya.

Disaat KH Hasyim As'ari dipenjara oleh Jepang (1945 – 1947), tampil dan berperanlah putra sulung sang Kiai: KH Wahid Hasyim (ayah Gus Dur) & KH Wahab Chasbullah menjalankan fungsi diplomasi yang piawai dan genius serta ulung dalam mengatur strategi menghadapi bengis dan kejamnya tentara penjajah.

Alasan utama KH Hasyim As'ari disiksa dipukuli dan dipenjara oleh tentara jepang karena beliau tidak mau melakukan Seikerei (menyembah dewa matahari), karena itu menyangkut soal aqidah. Banyak hal yang bisa didialogkan bahkan di kompromikan tapi tidak untuk satu hal : KEYAKINAN AQIDAH AGAMA.

KH Hasyim As'ari meski beliau Kiai punya pesantren besar tapi beliau juga bertani dan sering kesawah. Bahkan ketika beliau dipenjara dan pesantrennya dibakar oleh tentara penjajah, istri beliau Nyai Kapu mengajar santri putrinya di pematang sawah ketika musim panen padi.

KH Yusuf Hasyim (Pak Ud) bersama putra-putra KH Hasyim As'ari yang lain bersatu melawan penjajah. Pak Ud bahkan ikut bersama santri dan pemuda lain (yang dilatih militer oleh tentara Jepang) terjun langsung memanggul senjata dalam pertempuran di Surabaya.

Meski baru sekilas yang tergambar lewat film itu, menjadi jelas dan nyata betapa layak dan sangat pantas mereka (KH Hasyim As'ari, KH Wahid Hasyim, KH Yusuf Hasyim) menjadi pahlawan Nasional RI. []

Twit: #Sang Kiai
Disadur dari Milits PPM Aswaja

Related posts

Ketika Utusan Kristen Najran Melakukan Kebaktian di Masjid

admin

Sejarah Penciptaan Lambang Garuda Pancasila Yang Terlupakan

admin

Inilah Raja Pertama Umat Islam

admin

Diturunkannya al-Qur’an di Bulan Ramadlan

admin

Sejarah Adzan Didalam Riwayat Hadits

admin
WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
WhatsApp Share info ke kami