Media Islam dan Muslim Store No. 1 Balikpapan
Berita Nusantara

Ulama al-Azhar Ingatkan Tiga Prinsip Cegah Terorisme

MADINATULIMAN.COM (Demak) – Pondok Pesantren Futuhiyyah Mranggen Demak, Jawa Tengah, menggelar kegiatan “Jalsah Mubarokah” bersama Prof. Dr. Muhammed Faisal dan Prof. Dr. Hamdallah Mohammed Hafed Ibrahim dari al-Azhar Kairo, Selasa malam (26/8), di Masjid An Nur pesantren setempat.

Forum bertema”Dialog Damai bersama Tokoh Ulama Timur Tengah dalam Rangka Pencegahan Terorisme” ini merupakan kerja sama Pesantren Futuhiyyah dengan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT). Peserta dialog terdiri dari para kiai, santri, serta pejabat pemerintah yang ada di wilayah Demak.

Pada kesempatan itu Hamdallah menjelaskan bahwa kini banyak muncul aliran-aliran yang menjurus pada terorisme. Menurutnya, setidaknya ada tiga prinsip untuk mencegah adanya pemahaman ekstrem tersebut.

Pertama, perteguh aqidah Ahlussunah wal Jama’ah, yakni dengan mengikuti paham ‘Asy’ariyah. Kedua, penyampaian syariat menurut Madzhab Empat (madzahibil arba’ah) dalam memahami al-Qur’an dan Hadits, yakni dengan mengikuti salah satu imam madzhab, yakni Syafi’i, Maliki, Hanafi, Hanbali.  Ketiga, penerapan ajaran tashawuf atau berakhlak secara terpuji (mahmudah) baik terhadap sang kholiq, diri sendiri, maupun sesama manusia.  

Sementara itu, Mohammed Faisal menambahkan tentang pentingnya mencari ilmu. Ia menjelaskan bahwa Rasulullah tidak mewariskan harta benda apapun kecuali hanya ilmu. Mohammed Faisal mengajak kepada semua hadirin untuk senantiasa bersemangat dalam mencari ilmu.

Pengasuh Pesantren Futuhiyyah KH Muhammad Hanif Muslih mengaku bersyukur atas kehadiran ulama al-Azhar Kairo. Ini merupakan kali pertama Pesantren Futuhiyyah didatangi ulama dari Mesir khususnya al-Azhar, karena yang selama ini yang berkunjung di Futuhiyyah adalah dari Yaman. (Abdus Shomad/Mahbib/NUon)
 

Related posts

Beasiswa S1 S2 dan S3 Arab Saudi Untuk Kader NU (Nahdlatul Ulama)

admin

NU Menghimbau Muhammadiyah Tetap Ikuti Sidang Itsbat

admin

MTQ Internasional Menggunakan Bacaan Riwayat Tujuh Imam

admin

Kemenag Akan Gelar Sidang Itsbat Penentuan Awal Ramadhan Pada 19 Juli

admin

400 Kiai Jatim Bahas Radikalisme Agama di Pesantren Tebuireng

admin

Muhammadiyah dan NU Rayakan Idul Fitri Bersamaan 28 Juli 2014

admin
SILAHKAN BERTANYA
WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com