Media Islam Madinatul Iman Balikpapan
Islam Balikpapan

Ulama Kharismatik NU Balikpapan KH. Mohammad Anas Mochtar Wafat

MADINATULIMAN.COMInna Lillahi wa Inna Ilaihi Rajiuun, umat Islam Balikpapan berduka. Ulama lama kharismatik NU Kota Balikpapan sekaligus Pengasuh Pondok Pesantren Modern Al-Muttaqien Balikpapan Sumber Rejo (Gunung Guntur) Kecamatan Balikpapan Tengah KH. Mohammad Anas Mochtar wafat, Rabu (24/5/2017) pukul 00.30 WITA. Ia wafat dikediaman salah satu putranya di Sepinggan Balikpapan kemudian dibawa ke pesantren pada dini hari tersebut.

Kabar duka wafatnya Kiai Anas menyebar dengan cepat melalui pesan singkat dan sosial media hingga pesantren Al-Muttaqien dipadati oleh masyarakat dan santrinya yang datang ta’ziyah sekaligus mengikuti proses shalat jenazah dan pemakaman Kiai Anas. Shalat jenazah dilakukan beberapa kali.

Kiai Anas sempat beberapa kali dirawat di rumah sakit di Kota Balikpapan. Saat mulai merasakan penurunan kesehatan, Kiai Anas mewujudkan keinginnya untuk pergi umroh bersama putri-putrinya. Pasca pulang dari umroh, kesehatan Kiai Anas semakin menurun hingga melakukan rawat inap di Rumah Sakit Restu Ibu Gunung Sari. Kiai Anas sempat sembuh dan kembali memimpin pesantren. Namun selang beberapa minggu, kesehatan Kiai Anas kembali menurun hingga kembali melakukan rawat inap di RSUD Balikpapan sebanyak 2 kali, sebelum akhirnya dirawat di pesantren kemudian dipindahkan ke kediaman salah satu putranya di Sepinggan hingga wafat.

Jenazah Kiai Anas dikebumikan di komplek Pondok Pesantren Modern Al-Muttaqien Balikpapan sebelum waktu dzuhur.

Sosok Kiai Anas merupakan kiai yang tegas dalam hal kebaikan dan sangat memiliki perhatian terhadap perkembangan pendidikan. Dimata para santrinya, Kiai merupakan sosok kiai yang bijaksana, dermawan, dan  pengayom santri-santrinya.

Sebagai tokoh kharismatik NU, Kiai Anas Mochtar pernah menjabat sebagai Rais Syuriah (pimpinan tertinggi) NU Kota Balikpapan dalam periode kepengurusan 2007 – 2012, kemudian masuk dalam jajaran Mustasyar PCNU Kota Balikpapan pada periode 2012-2017 sekaligus masuk didalam kepengurusan Syuriah NU Kalimantan Timur.

Di Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Balikpapan, Kiai pernah menjabat sebagai Ketua MUI Bidang Fatwa dan Hukum, dan dalam periode kepengurusan MUI berikutnya menjabat sebagai Wakil Ketua Umum MUI Kota Balikpapan bersama KH. Ahmad Syarwani Zuhri sebagai Ketua Umum MUI Kota Balikpapan.

Sebagai ulama NU, Kiai Anas Mohctar sangat memberikan perhatian terhadap perkembangan Nahdlatul Ulama, khususnya di Kota Balikpapan , bahkan menurut salah satu anaknya, sebelum wafat, Kiai Anas Mochtar berpesan agar mendirikan lagi sekolah Nahdlatul Ulama.

KH. Anas Mochtar juga mengingatkan para pengurus NU dan tokoh-tokoh NU agar mempertahankan tradisi-tradisi yang ada di lingkungan Nahdlatul Ulama.  (4bd)

 

Source : http://balikpapan.nu.or.id/ulama-kharismatik-nu-balikpapan-kh-mohammad-anas-muchtar-wafat/

Related posts

Ponpes Al-Izzah Balikpapan Jadikan Karang Joang Tempat Pecinta Qur’an

admin

Ribuan Umat Islam Bershalawat Bersama Gus Azmi di Lapangan Merdeka

admin

Ketua MUI Balsel Nurdin Ismail : ISIS Menyimpang dari Ajaran Islam

admin

Masjid di Balikpapan Ini Tunaikan Idul Adlha 1439 H Berbeda dengan Pemerintah

admin

Majelis Tabligh Muhammadiyah Balikpapan Siapkan 6 Titik Shalat Ied

admin

Tarawih di Balikpapan Berlangsung Unik ; 1 Masjid 2 Model Makmum

admin
WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
WhatsApp Share info ke kami