Media Islam Madinatul Iman Balikpapan
Berita Internasional

Ulama Saudi Ditahan karena Mengkritik Pihak Kerajaan Arab Saudi

MADINATULIMAN.COM РUlama Saudi  ditahan beserta ketiga anaknya oleh Pihak berwenang Kerajaan Arab Saudi pada Jumat (13/7/2018). Ulama yang diamankan tersebut bernama Safar al-Hawali (68). Ia ditangkap selama ini kerap sekali mengkritik keluarga Kerajaan Saudi yang korup dan bekerja untuk Barat.

Al-Hawali adalah seorang ulama yang berafiliasi dengan organisasi Sahwa Movement (Gerakan Kesadaran). Kelompok Sahwa lahir karena keresahan demokrasi di Arab Saudi. Ia dikenal sebagai ulama Saudi yang vokal terhadap Kerajaan Saudi.

Dalam keterangan sebuah akun Twitter dengan nama Moatqali al-Ray (Penjara Hati Nurani), al-Hawal ditangkap otoritas Saudi hanya beberapa hari setelah dia menerbitkan bukunya yang berjudul Muslim dan Peradaban Barat. Ketika ditangkap, al-Hawali dan anaknya ditutup matanya dan diikat.

Laman Middle East Monitor menyebutkan bahwa isi dari buku itu adalah kritikan terhadap keluarga penguasa Arab Saudi dan Pangeran Abu Dhabi, Mohamad bin Zayed. Dalam buku setebal tiga ribu halaman tersebut, al-Hawali menuduh keluarga Kerajaan Saudi membuang uang dengan proyek-proyek palsu.

Selain itu, al-Hawali juga mengkritik keras Putera Mahkota Saudi Mohamad bin Salman yang menjalin perjanjian rahasia dengan pihak Israel.

Belum ada tanggapan dari Kerajaan Saudi terkait penangkapan al-Hawali ini. Akan tetapi, salah seorang senior menyebutkan bahwa Kerajaan terus memantau aktifitas para aktivis guna menjaga kestabilan sosial.

Dikutip Reuters, Kerajaan Saudi memiliki anggapan bahwa kelompok Islamis menjadi ancaman di negera itu. Maka tidak heran jika Saudi juga gencar melakukan operasi terhadap Al-Qaeda selama satu selama satu dekade.

Sebelumnya, 1990-an al-Hawali juga pernah dijebloskan ke dalam penjara. Ia dikenal sebagai orang yang sangat menentang kehadiran Amerika Serikat dan Israel di wilayah Timur Tengah. (Red: Muchlishon)

Related posts

Masjid Megah Umar bin Khaththab Berdiri Tegak di Berlin Jerman

admin

Syeikhul Azhar Ahmed Al Tayeb Minta Pengunjuk Rasa Menahan Diri

admin

Persatuan Pelajar Indonesia (PPI) Yaman Gelar Pelatihan untuk Para Aktivis

admin

TV Islam Pertama di Rusia Siaran Selama 24 Jam

admin

Karena Lebih Cantik, Para Lelaki Mesir Rame-rame Nikahi Wanita Suriah

admin

Pria Yaman Selamatkan Ribuan al-Qur’an dari Tempat Sampah

admin
WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
WhatsApp Share info ke kami