Media Islam Madinatul Iman Balikpapan
Islam Balikpapan

Ust. Muhammad Arifin Ilham : Hijrah ke Arah Lebih Baik

MADINATULIMAN – Ustad kondang, Arifin Ilham sengaja didatangkan menyongsong hadirnya tahun baru Islam 1434 Hijriyah. Selasa (13/11) kemarin, lebih dari seribu warga memunuhi Masjid Al Ihsan di kawasan Jl Jenderal Acmad Yani, Gunung Sari untuk mendengarkan tausiyahnya. Kendati digelar selepas salat Isya, namun sebagian masyarakat sudah mendatangi masjid sebelum salat magrib berjemaah.
 

Sejumlah aparat kepolisian terlihat, sebagian mengatur kelancaran lalu lintas di sekitar masjid. “Kami lihat koran, katanya ada Ustad Arifin Ilham di sini. Jadi ya ramai-ramai sama keluarga dating, kalau lambat nanti nggak dapat tempat,” terang Ramhah, salah seorang warga asal Balikpapan Utara. Usai salat isya berjemaah, beberapa saat kemudian Ustad Arifin Ilham tiba diantar sebuah mobil didampingi sejumlah rombongan lainnya.

 
Serangkaian acara pun diawali dengan pembacaan ayat suci Alquran. Arifin Ilham langsung duduk di atas mimbar persegi setinggi 30 centimeter, memuali tausiyahnya. Seperti biasa, Arifin Ilham sekali-sekali dalam ceramahnya menggunakan bahasa banjar. Kata yang kerap diucapkan adalah ulun (aku), ikam (kamu), sidin (dia) dan lainnya.
 
Yah, pendekatan menggunakan bahasa derah inilah menjadi cara khas Arifin Ilham untuk memikat jemaah agar lebih memahami isi ceramah. “Ulun, pian, ikam ini saban hari harus ingat umur, karena umur selalu berkurang,” kata Arifin. Ya, Arifin sengaja mengutarakan materi terkait ajal dalam setiap adanya kehidupan. Makanya,p pria yang lama hidup di pondok pesantren di Banjar, mengajak seluruh umat muslim untuk memperbanyak amal ibadah. “Kita harus hijrah, dari yang buruk menuju arah yang lebih baik.
 
Meneledani hijrah Rosulullah Muhammad SAW,” beber ustad yang dikenal dengan peci dan baju koko berwarna putih ini. Setelah tausiyah, Arifin Ilham melanjutkan dengan zikir bersama sembari menengadahkan tangan ke atas memanjatkan doa kepada Allah SWT sambil menyebut-nyebut asmaul husna. Disela itu, dia juga sempat mengumandangkan shalawat yang ditujukan kepada besar Nabi Muhammad SAW. Saat Arifin Ilham memimpin zikir, nampak jelas jemaah yang ikut larut.
 
Sebagian dari mereka ada yang mentesekan air mata hingga terisak-isak, ada juga menggeleng-gelengkan kepala seolah menunjukkan pengakuan terhadap kesalahan yang pernah dibuat. Selesai membaca asmaul ausna, Arifin kembali berpesan kepada para jemaah untuk mensyukuri nikmat yang telah diberikan Allah SWT. Baik berupa nikmat sedih maupun nikmat bahagia. “Kalau sudah punya rezeki lebih, jangan lupa membayar zakat.
 
Karena zakit inilah yang juga akan menyelamatkan kita di akhirat nanti,” tutur pria yang lembih banyak bermukim di Jakarta ini. Rencananya, Kamis (14/11) dini hari, kegiatan tahun baru Islam juga diselingi kegiatan kuliah subuh di Masjid Baitul Makmur, komplek perumahan PNS Pemkot, Balikpapan Baru. Kemudian pada pukul 09.00 pagi ini, Arifin Ilham akan menyampaikan tausiyahnya di Masjid Sudirman, lingkungan Makodam VI/Mulawarman.
 
Nah, sekira pukul 15.00 Wita, digelar pawai taaruf ribuan masyarakat menyambut tahun baru Islam. Berjalan kaki dari halaman Bank Bukopin Balikpapan Permai (BP), menuju halaman Hotel New Benakutai. Melibatkan pelajar madrasah, anak didik TK/TPA se-Balikpapan. Pokoknya semua pihak unsur Islam kita anjurkan untuk berpartisipasi, nanti samib jalan juga ada aksi marching band,” terang Ketua Pengelenggara Hari Besar Islam (PHBI) Balikpapan, Jailani.
 
Tidak sampai di situ, sekira pukul 17.00 Wita acara dilanjutkan dengan kegiatan doa bersama di Masjid Al Ihsan. Diawali dengan zikir bersama dan doa tutup tahun sebelum azan magrib berkumandang. Kemudian setelah salat magrib berjemaah dilanjutkan doa awal tahun. “Mesjidnya sama Al Ihsan. Karena pergantian tahun baru hijriyah itu terjadi saat magrib, jadi ada penutup dan pembuka,” ujar Jailani menghubungi Balikpapan Pos, kemarin.
 
Rencananya, doa dan zikir bersama akan dipimpin Ketua Umum MUI Balikpapan, KH Syarwani Dzuhri. Jika tidak ada aral melintang, juga dihadiri Wali Kota Rizal Effendi beserta unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD) Kota Balikpapan. Setelah menunaikan ibadah salat magrib berjemaah dan doa bersama awal tahun, Wali Kota Rizal akan menyampaikan sambutannya terkait pergantian tahun Islam tersebut. “InsyaAllah Pak Wali akan hadir.
 
Agendanya beliau akan memberikan sambutan dan pesannya di tahun baru Islam ini,” papar Jailani sembari menyebut, kegiatan ini didukung Dewan Masjid Indonesia (DMI), Badan Amil Zakat (BAZ), Bazma Pertamina RU V, PHBI, MUI dan Pemkot Balikpapan.(bp12/die/balikpapanpos)
 

Related posts

Pondok Pesantren Al-Banjari Ajarkan Seni Islam sebagai Media Dakwah

admin

Santri Ponpes Nurul Khaerat Balikpapan Juara LSN Regional Kalimantan 1

admin

MUI Balikpapan Akan Kerahkan Ribuan Massa Tolak Lokalisasi KM 17

admin

Polres Balikpapan Sebar Da’i Kamtibmas di Masjid dan Mushalla

admin

Ibu-Ibu Hadiri Pengajian Tan Mei Hwa

admin

Rapat Kerja MUI Kota Balikpapan Akan Dilaksanakan di Hotel Pacific

admin
WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
WhatsApp Share info ke kami