Media Islam Madinatul Iman Balikpapan
Kaltim News

Wakil Bupati PPU : Kekuatan Santri Menambah Keutuhan Pertahanan Bangsa

MADINATULIMAN.COM (PENAJAM) – Kantor Kementerian Agama Penajam Paser Utara (PPU) untuk kali pertama menggelar Musabaqah Qiraatil Kutub (MQK) 2017 di Aula Kemenag PPU, Rabu (5/7/2017). MQK diikuti 36 santri putra dan 36 putri dari tiga pesantren di PPU.

Ketua pelaksana Jumaisyah menjelaskan, MQK untuk meningkatkan kemampuan para santri. Karakteristik pondok pesantren adalah pembelajaran kajian agama Islam yang bersumber dari kitab-kitab berbahasa Arab yang dikenal dengan kitab kuning.

Jumaisyah menambahkan, para juara MQK ini akan mendapatkan piala, piagam penghargaan, dan uang pembinaan. Juara I mendapat uang pembinaan sebesar Rp 1 juta, juara II Rp 750 ribu, dan juara III mendapat Rp 500 ribu. Menurutnya, para santri mewakili Kabupaten PPU untuk ikut seleksi tingkat provinsi di Samarinda.

“Kami berharap santri bisa mewakili MQK nasional. Event dua tahunan tersebut, insyaallah dilaksanakan di Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, tahun ini. Tepatnya di Ponpes Roudlotul Mubtadiin Balekambang,” terangnya.

Sementara itu, Wakil Bupati PPU Mustaqim MZ dalam sambutannya, sangat mengapresiasi dan berharap kegiatan dapat meningkatkan motivasi belajar para santri. Wahana juga menjadi ajang aktualisasi diri para santri dalam pergaulan, komunikasi, serta pemahaman kitab kuning.

“Saya berharap para santri menjadi Islam moderat. Bisa menerapkan  empat pilar bangsa yaitu Pancasila,  UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), sesuai tema pesantren untuk bangsa.

 Dia meminta para santri menjadikan MQK sebagai wahana saling taaruf antarsantri. Jangan sampai terjadi persaingan tidak sehat, dengan demikian, pelaksanaan MQK benar-benar bermanfaat, utamanya kepada para santri. “Perlu diketahui, di antara kekuatan pertahanan bangsa adalah kekuatan para santri. Termasuk santri yang ahli baca kitab kuning,” terangnya.(humas8/waz/k16)

 

Source: Prokal Kaltim

Related posts

Pondok Pesantren Al-Banjari Penajam Gelar Acara Pelepasan Santri

admin

LPTQ Kukar Kaltim 4 Hari Study Tour Ke Lombok

admin

Dakwah Santun NU Balikpapan Menjadi Modal Utama

admin

MTQ Kaltim: Ustadz Maulana Berikan Tausiyah dan Pimpin Doa Bersama

admin

Kemenag PPU: Pentingnya Manajemen Profesional Tempat Ibadah

admin

Kecamatan Sepaku – PPU : Maulid Nabi Jangan Cuma Tradisi Belaka

admin
WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com