Media Islam Madinatul Iman Balikpapan
Berita Internasional

Wisudawan Universitas Al-Ahgaff Yaman Ingatkan Islam Moderat

MADINATULIMAN.COM (Tarim) – Universitas Al-Ahgaff Tarim, Yaman, kembali menggelar wisuda mahasiswa Fakultas Syariah dan Hukum di auditorium kampus setempat. Peserta wisuda yang memasuki angkatan ke-17 ini didominasi mahasiswa asal Indonesia.

Selain prosesi wisuda, acara ini juga menjadi malam penghargaan Dekan lama Fakultas Syariah dan Hukum DR. Muhammad Abdul Qadir Al-Aydrus yang dinilai telah banyak bersumbangsih untuk Universitas Al-Ahgaff.

“Bawalah Islam yang moderat, walaupun dengan sekte yang berbeda,” kata DR. Muhammad dalam sambutannya, Kamis (28/4) malam itu. “Yang menjadikan Al-Ahgaff masih konsisten menjadi universitas unggulan ini tidak lepas dari jasa besar qism at-tasjil, yang bersikukuh menjaga ketertiban kemahasiswaan dari dulu sampai sekarang,” tambahnya.

Melalui rekaman singkat berdurasi sekitar 5 menit, Rektor Universitas Al-Ahgaff Prof DR Abdullah Muhammad Baharun yang berhalangan hadir mengatakan, ”Sungguh kalian (para wisudawan) telah ditakdirkan belajar di bumi Tarim yang berkah, untuk belajar adab, akhlak dan ilmu syariah.”

Ia lalu memberikan tiga pesan, yakni agar mahasiswa senantiasa berterima kasih kepada sesama manusia, tak berhenti belajar dan membaca buku, serta menyambung silaturahim di kalangan mahasiswa.

Hadir pula dalam kesempatan ini Dekan Fakultas baru, Al-Ustadz Abdullah Awadh bin Smith, Syekh Muhammad Al-Khatib, DR Abdurrahman As-Seggaf Rais Qism Ushul dan Fiqih, DR Alawy Abdul Qadir Al-Aydrus Rais Qism Abhats wal Ifta, Al-Ustadz Abdullah Husain Al-Aydrus Rais Qism Al-Aalat, Al-Ustadz Arafat Al-Maqdi Rais Qism Qanun, sejumlah tamu undangan dan seluruh mahasiswa dari berbagai lintas negara.

Ada sekitar 69 mahasiswa di antaranya 50 mahasiswa berasal dari Indonesia, 1 mahasiswa Malaysia, 1 mahasiswa Thailand, dan sisanya adalah 8 mahasiswa  Yaman dan 9 Somalia.

Sebelum sambutan Dekan baru, secara simbolis mahasiswa angkatan 17 juga memberikan kenang-kenangan berupa podium berlambang Al-Ahgaff yang merupakan sebuah kejutan hadirin malam itu. “Masa depan di pundak kalian, setelah keluar dari sini, peranan apa yang kalian bawa untuk perubahan ummat? Selalu tebarkanlah rasa kasih sayang di antara sesame,” tegas Dekan Fakultas Ustadz Abdullah Awadh. (Red: Mahbib/NUON)

Related posts

Malaysia, Thailand, Singapura, Mesir Hingga Arab Saudi Puasa Rabu

admin

Uni Eropa Pertanyakan Perampasan Tanah Oleh Israel

admin

Persatuan Pelajar Indonesia (PPI) Yaman Gelar Pelatihan untuk Para Aktivis

admin

Pria Yaman Selamatkan Ribuan al-Qur’an dari Tempat Sampah

admin

Al-Azhar Bantah Ada Organisasi Front Ulama Al-Azhar

admin

Masjid Megah Umar bin Khaththab Berdiri Tegak di Berlin Jerman

admin
WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com