Media Islam Madinatul Iman Balikpapan
Tausiyah

Da’i Balikpapan : Pemerintah Berkewajiban Amankan dan Kelola Waqaf

MADINATULIMAN.COM – Permasalahan waqaf masih belum sepenuhnya dipahami oleh masyarakat. Tidak hanya persoalan tanah waqaf, bahkan dalam persoalan tempat ibadah seperti masjid sekali pun.

Baca: Punya Info Bermanfaat ? Event, Foto, Berita, Kirim ke Madinatuliman.com

Salah seorang dai Balikpapan Ust. Imam Warosy menjelaskan bahwa yang namanya masjid itu otomatis sebagai waqaf. Barang waqaf itu mauquf, tidak ada yang punya, tidak ada yang bisa menjual, memiliki, mewarisi dan lain sebagainya.

“Karena statusnya mauquf, maka tidak ada yang punya, maka pemerintah (dalam hal ini kewenangan Kemenag) berkewajiban mengamankan dan mengelola agar tetap sesuai dengan niat awal waqif (orang yang mewaqafkan)”, terangnya.

Lebih lanjut -Ust. Warosy- menerangkan, untuk menjalankan itu semua, Kemenag menunjuk nadzir (pengelola asset wakaf). Nadzir inilah atas wewenang yang diberikan oleh UU (atas nama pemerintah) yang bertanggung jawab mengelola dan menjalankan amanat waqif.

Berkaitan dengan nadzir yang dianggap tidak mampu mengelola cara baik, Ust. Warosy menjelaskan bahwa Kemenag dengan wewenangnya mengambil alih tanggung jawab nadzir karena dianggap tidak mampu menerima amanah kemudian menunjuk nadzir/ta’mir baru maka itu sudah benar. (*/AA)

Related posts

Ust. Imam Warosyi ; Jika Membayar Zakat Fitrah Berupa Uang

admin

Ketua LDNU Balikpapan Mengaku Bahagia Ada Peringatan Hari Santri Nasional

admin

Menyikapi Saling Hujat karena Beda Pilihan Politik dalam Islam

admin

H. Abdul Muis (Ketua MUI Balikpapan) ; Puasa Ramadhan & Loyalitas Keimanan

admin

Ustadz NU Balikpapan Ajak Umat Kawal Pilpres dengan Damai, Pilihan Soal Selera

admin

KH Muhammad Idris (Ketua MUI Balikpapan) ; Ramadhan Bulan Tarbiyah

admin
WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com