Media Islam dan Muslim Store No. 1 Balikpapan
Pilihan Utama Ubudiyah

Dua Golongan Yang Wajib Mengqadla Puasa dan Membayar Fidyah

MADINATULIMAN.COM – Di bulan Ramadhan, setiap kaum muslimin yang memenuhi syarat diwajibkan melaksanakan ibadah puasa Ramadhan. Namun bagi yg memiliki udzur maka diperboleh untuk tidak puasa.

Beberapa golongan yang tidak berpuasa diwajibkan melakukan qadla’, membayar fidyah dan lain sebagainya. Diantara mereka ada yang hanya diwajibkan mengqadla puasa saja, ada yang membayar fidyah saja, dan ada yang diwajibkan qadla puasa sekaligus membayar fidyah.

Setidaknya terdapat dua golongan orang yang boleh tidak melaksanakan puasa, tetapi diwajibkan mengqadla puasa yang ditinggalkan sekaligus membayar fidyah.

Pertama, orang yang berbuka (tidak puasa) karena mengkhawatirkan orang lain. Dalam hal ini terdapat 2 macam yaitu wanita hamil yang mengkhawatirkan janinnya; dan wanita yang menyusui yang mengkhawatirkan bayi susuannya.

Pengarang kitab Shafwah al-Zubbad berkata :

والمد والقضا لذات الحمل # أو مرضع ان خافتا للطفل
“Satu mud (membayar fidyah) dan mengqadla bagi wanita hamil # atau wanita menyusui, jika keduanya mengkhawatirkan bayinya”.

Kedua, orang yang berbuka (tidak puasa) disertai mengakhirkan melakukan qadla puasa padahal memungkinkan untuk mengqadla’ hingga tiba Ramadhan berikutnya tanpa ada udzur.

Namun, bila terdapat udzur seperti safar, sakit, menyusui, lupa dan jahl (bodoh) maka tidak ada tanggungan fidyah baginya.

Besaran fidyah adalah 1 mud (dibulatkan 0,7 kg) berupa makanan pokok untuk setiap hari meninggalkan puasa. Bila tidak puasa 5 hari berarti 5 x 0,7 = 3,5 kg.

Bila sampai tiba lagi Ramadhan berikutnya berarti dikalikan 2 yaitu 3,5 x 2 = 7 kg. Yang demikian terus berlipat bila sampai Ramadhan berikutnya tidak juga diqadla’ dan membayar fidyah. []

Oleh : Abdurrrohim
Referensi kitab Al-Mu’tamad

Related posts

Kisruh Kepengurusan Masjid Agung At-Taqwa Balikpapan Karena Salah Paham

admin

Hukum Menyaringkan Bacaan Shalat Dhuhur?

admin

Masjid di Balikpapan Ini Tunaikan Idul Adlha 1439 H Berbeda dengan Pemerintah

admin

Ternyata Adzan Tidak Hanya Dikumandangkan Untuk Panggilan Shalat

admin

1500-an Ulama Ajak Umat Hindari Aksi Inkonstitusional Pasca Pemilu

admin

Ribuan Umat Islam Hadiri Peringatan Nuzulul Qur’an di At-Taqwa Balikpapan

admin
SILAHKAN BERTANYA
WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com