Media Islam dan Muslim Store No. 1 Balikpapan
Video Hoax Paus Benediktus Masuk Islam
Video Hoax Paus Benediktus Masuk Islam
Berita Internasional Hoax

Hoax Video Paus Benediktus Masuk Islam melempar Jumroh

MADINATULIMAN.COM – Penyebaran hoax (berita bohong) di sosial media sangat memprihatinkan. Dimusim haji seperti saat ini (Agustus 2018) disejumlah sosial media, seperti Facebook dan WA, tersebar sebuah video yang diberikan keterangan Paus Benediktus masuk Islam, muallaf.

Sebuah akun facebook Haji Umar Haramain berupaya menyakinkan pengguna sosial facebook akan keislaman Paus dengan menampilkan foto Paus disertai sebuah video orang melempar jumrah yang dikesankan sebagai Paus.

“Sungguh menyakitkan bagi vatikan atas keislaman paus bebediktus. Semoga paus paus yg lain menyusul”, tulis akun facebook Haji Umar tersebut yang hasil unggahannya telah dibagikan oleh ribuan pengguna media sosial (25/8/2018)

Narasi yang sama juga tersebar di group-group WA.

“Alhamdulillah, mantan Paus Vatican. Benedictus, mualaf dan menunaikan ibadah haji tahun ini.”, tulis salah seorang anggota sebuah group WA seraya membagikan video yang dikesankan sebagai Paus.

Namun ternyata, kabar keislaman Paus Benediktus maupun video yang dikesankan sebagai Paus yang sedang melempar jumrah tersebut adalah hoax (kabar bohong). Sayangnya, kebohongan tersebut tersebar dikalangan muslim pengguna sosial media.

Dalam sebuah video di Youtube, diketahui bahwa orang didalam video yang dikesankan sebagai Paus Benedictus tersebut adalah Pengeran Khalid Al-Faisal bin Abdul ‘Aziz Alu Saud.

Pangeran Khalid bin Faisal bin Abdul Aziz Al Saud merupakan Gubernur Daerah Mekah, Penasihat Raja Salman bin Abdulaziz Al Saud dan Ketua Lajnah Markaziyah Lil Hajj (Komite Pusat Haji). Ia adalah putra ketiga Raja Faisal bin Abdul Aziz Al Saud, Raja Kerajaan Arab Saudi III, dan ibunya adalah Putri Haya binti Turki bin Abdul Aziz bin Abdullah bin Turki bin Abdullah Al Saud.

Berita hoax yang sama pernah juga tersebar dengan narasi “Paus Yohanes II Masuk Islam”. Sebagaimana dilansir dalam situs¬†turnbackhoax.id, Desember 2016.

Berita hoax tersebut memelintir informasi, pemimpin komunitas muslim Italia yang mengunjungi Paus Francis untuk memberikan sebuah undangan kepada Paus agar mengunjungi mesjid agung Roma, yang diyakini adalah mesjid terbesar di dunia barat.

Related posts

Iqbal El Assaad, Gadis Palestina 20 Tahun Pecahkan Rekor Dokter Termuda

admin

Inilah Sikap Ulama Al-Azhar Terkait Kondisi di Mesir

admin

Masjid Megah Umar bin Khaththab Berdiri Tegak di Berlin Jerman

admin

Respon Dunia Islam Terhadap Persoalan Xinjiang

admin

Parlemen Eropa Pelajari Kerukunan Umat Beragama di Indonesia

admin

Kemenag Mesir Cabut Izin 55.000 Imam Masjid

admin
SILAHKAN BERTANYA
WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com