Media Islam Madinatul Iman Balikpapan
Islam Balikpapan Pilihan Utama Uncategorized

LFNU Balikpapan Informasikan Hilal Ramadan 1442 H Markaz Graha NU

MADINATULIMAN.COM – Lembaga Falakiyah Nahdlatul Ulama (LFNU) Kota Balikpapan menginformasikan Hilal untuk awal Ramadan 1442 H atau kondisi Hilal pada tanggal 12 April 2021 (29 Sya’ban 1442 H).

Ketua LFNU Balikpapan Ust. Ibnu Sina, S.H.I, S.Pd menyampaikan bahwa berdasarkan hasil perhitungan yang dilakukan oleh Lembaga Falakiyah PCNU Kota Balikpapan untuk hari Senin 29 Sya’ban 1442 H yang bertepatan dengan 12 April 2021 dengan markaz Gedung Graha NU Kota Balikpapan Jl. Soekarno-Hatta km 4,5 No. 104 Kelurahan Batu Ampar Balikpapan Utara diketahui bahwa Ijtima terjadi pada Senin, 12 April 2021 pukul 10:30:41 WITA.

Matahari terbenam 18:18:37 WITA. Sementara tinggi hilal qablal ghurub lebih dari 3 derajat atau tepatnya 3° 9′ 5″. Posisi hilal pada kemiringan ke selatan.

Ketinggian hilal di seluruh wilayah Indonesia sudah berada dalam batas parameter imkan rukyat jika didasarkan pada kriteria MABIMS yang digunakan di Indonesia, sehingga sangat memungkinkan adanya kesaksian rukyat dari beberapa lokasi pengamatan. Namun demikian pelaksanaan rukyat tidak serta merta menghasilkan ketetapan, karena sesuai dengan Pedoman Penyelenggaraan Rukyat bil Fi’li di Lingkungan Nahdlatul Ulama maka diperlukan otoritas itsbatul hakim yang dalam hal ini adalah kewenangan pemerintah melalui Kementerian Agama atau menjadi kewenangan PBNU jika pemerintah menolak melakukan penetapan.

Berdasarkan data hisab tersebut, besar kemungkinan bahwa awal Ramadhan 1442 Hijriyah jatuh pada Selasa, 13 April 2021, sehingga baik yang menggunakan kriteria imkanur ru’yah (Pemerintah, NU) maupun wujudul hilal (Muhammadiyah) akan mengawali puasa secara bersama, tidak ada perbedaan.

Guna menjalankan tugas kefalakiyahan penentuan awal Ramadhan 1441 H, maka Lembaga Falakiyah PCNU Kota Balikpapan bekerja sama dengan Kementerian Agama Kota Balikpapan akan melaksanakan rukyatul hilal dengan lokasi Menara Amarilis, Jl. Letjen Suprapto No.17, Baru Ilir Kota Balikpapan. [4bd]

Related posts

Fatayat NU Balikpapan Kembali Dipimpin Herni Elsafitri

admin

Jama’ah Tabligh Akbar Maulid Nabi dan Haul Shahibu Ratibil Haddad Penuhi Dome

admin

Ulama Kharismatik dari Kalimantan Selatan Berkontribusi Untuk Indonesia

admin

Tim Rukyatul Hilal Kemenag Balikpapan Tidak Berhasil Melihat Hilal Awal Dzulhijjah

admin

Semarak Maulid di Balikpapan : Sekitar 6 Peringatan Maulid di 10 Februari 2013

admin

Foto Forum Group Discusion Menyambut Pilpres 2019 di Hotel New Benakutai

admin
WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com