Media Islam Madinatul Iman Balikpapan
Pilihan Utama Warta Dalam Kota

MTs Negeri 1 Balikpapan Harapan 1 Sosial dan Humaniora Dalam Myres 2020

MADINATULIMAN.COM – Myres 2020 yang dilaksanakan oleh Direktorat KSKK Madrasah, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI telah berakhir yang ditandai dengan keluarnya Surat Keputusan Nomor 781 Tahun 2020 tentang Penetapan Pemenang MYRES 2020. MTs Negeri 1 Balikpapan yang berhasil masuk hingga babak final, ditetapkan sebagai salah satu pemenang dan memperoleh predikat sebagai juara Harapan 1 untuk kateori bidang Sosial dan Humaniora.

MTs Negeri 1 Balikpapan, pada perlombaan ini diwakili oleh Khalishah Salsabila dan Sakinatulinsaniah dari kelas IX-5 dan Eka Diana Permai, S.Pd sebagai guru pembimbing, menggangkat judul penelitian “Pengembangan Anime Digital sebagai Media Pembelajaran Budaya Khas Etnik Dayak Kenyah terhadap Siswa-Siswi MTs Negeri 1 Balikpapan”. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya generasi muda sekarang khususnya siswa-siswi di MTs Negeri 1 Balikpapan, yang tidak mengetahui bahkan melupakan kebudayaan sendiri.

Khalishah dan Sakinah melihat bahwa figure anime lebih dikenal dibandingkan budaya sendiri. Oleh karena itu, Khalishah dan Sakinah berusaha untuk memadukan antara figure anime dan kebudayaan Dayak yang merupakan suku asli di Kalimantan. Dengan tujuan, agar siswa-siswi di MTsN 1 Balikpapan dan remaja pada umumnya lebih tertarik untuk mengenal kebudayaan sendiri dan memiliki kesadaran akan kayanya budaya nusantara.

Untuk materi tentang kebudayaan Dayak, Khalishah dan Sakinah banyak melakukan kajian Pustaka seputar kebudayaan Dayak kenyah yang diambil dari Internet maupun buku-buku yang terdapat pada perpustakaan sekolah maupun perpustakaan kota Balikpapan. Disamping itu, Khalisah dan Sakinah juga mengunjungi narasumber yang merupakan putra daerah asli Dayak untuk lebih memperdalam informasi tentang kebudayaan Dayak yaitu Abriantinus yang merupakan Ketua Komando Dayak Kota Balikpapan dan Darli Laing yang merupakan Ketua Adat Dayak Kenyah.

Hasil dari penelitian ini adalah Khalishah dan Sakinah membuat sebuah video pembelajaran menggunakan karakter anime untuk menjelaskan tentang kebudayaan Dayak kenyah. Video pembelajaran ini kemudian di bagikan kepada seluruh siswa-siswi di MTs Negeri 1 Balikpapan melalui Website dan Media Sosial resmi MTs Negeri 1 Balikpapan, dan mendapatkan respon yang sangat baik. Hasil ini kemudian dipresentasikan di hadapan juri myres dan berhasil menduduki posisi ke 4 dari 15 penelitian dari seluruh Indonesia yang berhasil masuk ke babak final.

Capaian ini tentu disambut dengan suka cita dan rasa bangga oleh warga MTs Negeri 1 Balikpapan karena ini merupakan pertama kalinya MTs Negeri 1 Balikpapan bisa menembus hingga ke final dan memperoleh predikat juara Harapan 1. Terlebih lagi MTs Negeri 1 Balikpapan menjadi Madrasah satu-satunya di Kalimantan Timur yang tercatat sebagai salah satu pemenang myres 2020.

Eka Diana Permai yang merupakan guru pembimbing menyampaikan ucapan terima kasih atas segala bentuk dukungan dari warga MTs Negeri 1 Balikpapan. “Dibalik capaian ini, tentu tidak luput dari dukungan dan bimbingan Kepala Madrasah, dewan guru, seluruh siswa, keluarga, narasumber penelitian dan semua pihak yang turut serta memberikan bantuannya. Kerjasama Tim Hebat untuk Madtsansa bermartabat”, Ungkap Eka Diana Permai.

Roihanun, BA., S.Pd., selaku Kepala MTs Negeri 1 Balikpapan juga menyampaikan rasa syukurnya atas capaian ini. Beliau menyampaikan ucapan terima kasih untuk Sakinah dan Khalishah, guru pembimbing dan semua pihak yang terkait sebagai Tim dan pendukung langsung Myres atas segala kerja ikhlas, kerja keras, dan kerja cerdasnya sehingga penelitian ini bisa masuk dalam kancah nasional bersejajar dengan madrasah unggulan di tingkat nasional mewakili Kalimantan timur.

“Terima kasih untuk semua doa dan harapan yang telah dipanjatkan oleh seluruh warga madrasah dengan tulus sehingga Myres dapat meraih kemenangan dan menjadi prestasi kebanggaan yang mengangkat nama MTs Negeri 1 Balikpapan di Kalimantan Timur dan Indonesia.” Ungkap Roihanun (fir/Kemenag)

Related posts

Ide Pembentukan Kalimantan Tenggara Ditolak DPRD Balikpapan

admin

Istighotsah Setiap Jum’at Akhir Bulan di Ponpes Al-Izzah Balikpapan

admin

SDN 004 Balikpapan Barat Peringati Maulid, Gelar Lomba Islami

admin

Pelatihan Standarisasi Guru Tilawati di Masjid Al-Amin AURI Berjalan Sukses

admin

Tokoh Ulama dan Cendikiawan Muslim Hadiri Multaqa di Gedung Parkir Balikpapan

admin

Islamic Center Balikpapan Akan Digunakan Shalat Idul Fitri Tahun 2016

admin
WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com