Media Islam dan Muslim Store No. 1 Balikpapan
Masjid Madinatul Iman
Masjid Madinatul Iman (Foto: a38ryo_ps)
Balikpapan Kita Foto/Gambar Pilihan Utama

Pesona Indah Masjid Madinatul Iman Islamic Centre Balikpapan Kaltim

MADINATULIMAN.COM – Masjid Madinatul Iman merupakan nama masjid sebagai bangunan utama yang berada dikawasan Islamic Centre Balikpapan (BIC) yang terletak di Jalan Belibis Raya, Kelurahan Gunung Bahagia, Kecamatan Balikpapan Selatan, Kota Balikpapan.

Islamic Centre Balikpapan (BIC) diresmikan langsung oleh Walikota Rizal Effend, SE pada jadi Kota Balikpapan ke-120 tanggal 10 Februari 2017. Hari jadi Kota Balikpapan ditentukan pada tanggal 10 Februari 1897. Penetapan tanggal ini merupakan tanggal peristiwa pengeboran pertama sumur minyak di Balikpapan dan merupakan hasil seminar sejarah Kota Balikpapan tanggal 1 Desember 1984.

Area BIC memulai dibangun pada tahun 2014 yang disiapkan untuk menampung 10.000-an jemaah dan berdiri diatas lahan 8700an hektar.

Saat ini, BIC merupakan komplek pusat Islam terbesar di Kota Minyak Balikpapan.

Masjid Madinatul Iman menjadi bangunan utamanya, yang nantinya akan terus dilakukan penambahan berupa gedung serbaguna, sekolah, gedung perkantoran, rumah imam, pengurus masjid dan lain sebagainya.

Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Balikpapan KH Syarwani Zuhri menilai keberadaan Masjid Madinatul Iman dan Balikpapan Islamic Centre tersebut diharapkan bisa menjadi pusat peradaban dan pengembangan agama Islam di Kota Balikpapan. Keberadaan bangunan Islam ini dilatarbelakangi keinginan kalangan ulama Kota Balikpapan.

Gaya model pembangunan Balikpapan Islamic Centre berkiblat pada Masjid Nabawi di Madinah, Arab Saudi, mulai dari kubah masjid maupun payung-payung teduh yang ada dibagian depan masjid. Desain yang serupa dengan Masjid Nabawi juga bisa dilihat dari mihrab Masjid dan mimbar.

Keberadaan kubah dan payung teduh sebagai simbol syiar Islam di Balikpapan yang membawa pesan Islam sebagai pelindung umat manusia, pencipta kedamaian rahmatan lil alamin. Jumlah payung teduhnya ada enam buah sebagai simbol rukun iman.

Di BIC juga terdapat sebuah menara besar dengan tinggi 68.2 meter. Fungsi menara ini tak hanya sebagai hiasan untuk mempercantik masjid. Akan tetapi juga berfungsi sebagai eksibisi dan pusat informasi yang dilengkapi dengan antena komunikasi setinggi 16.2 meter. Menara ini juga berfungsi untuk pengamatan astronomi dan hilal yang biasa digunakan untuk menentukan mulainya Ramadhan dan Syawal.

Berikut beberapa foto-foto pilihan Masjid Madinatul Iman dan yang berlatar Masjid Madinatul Iman yang berhasil dihimpun dari berbagai sumber. (Setiap foto disertai sumber).

Video : @skyscrapercitybpn

Source: Anysource

Related posts

Pemilu Usai, NU Paser Berharap Masyarakat Tetap Bersatu dan Waspadai Hoax

admin

Ribuan Umat Islam Hadiri Peringatan Nuzulul Qur’an di At-Taqwa Balikpapan

admin

Sebelum Shubuh, Antri Mudik Gratis di Telkom Balikpapan Sudah Penuh

admin

LAZISNU Gelar Silaturahim dan Rakorwil di Aula PWNU Kalimantan Timur

admin

Tarawih Malam Pertama Ramadhan di Masjid At-Taqwa Balikpapan

admin

UNIBA Sambut Baik Kirab Satu Negeri Dengan Diskusi Ngopi Kebangsaan

admin
SILAHKAN BERTANYA
WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com